Situs PPDB Online DKI Jakarta Diserang Puluhan Hacker

Situs PPDB Online DKI Jakarta Diserang Puluhan Hacker

HarianDepok.com – TechNews , Situs pendaftaran peserta didik baru (PPDB) online DKI Jakarta kabarnya diretas oleh orang tak bertanggung jawab. Akibatnya, situs ini pun sejak kemarin sempat down dan tak bisa diakes oleh calon siswa yang ingin mendaftar ke SMA/SMK Negeri di Jakarta.  Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta Sopan Adriyanto menjelaskan, situs ppdbdki.org pada Rabu, 15 Juni 2016 kemarin sempat down. Oleh tim teknisi pun segera diperbaiki dan sempat aktif kembali.

Namun sayang, lanjut Sopan, pada Kamis (16/06/2016) situs kembali drop.”Penyebab down-nya situs ini karena server drop akibat lalu lintas terlalu padat. Selain itu juga karena ada serangan hacker, hingga puluhan hacker,” ujar Sopan seeprti yang dikutip sindonews.com Kamis (16/06/2016). Sopan mengatakan, sudah berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi Informasi dan Kehumasan (Kominfomas) Provinsi DKI Jakarta untuk dapat memberikan cadangan server.

“Kami sudah diskusikan dengan tim IT, dan koordinasi dengan Dinas Kominfomas untuk mem-backup-nya,” ungkapnya. Perlu diketahui, pendaftaran online rencananya dibuka pada 15-16 Juni untuk tingkat SMA sederajat. Karena mengalami kendala pada server maka pendaftaran akan diperpanjang dua hari kedepan.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: