DBMSDA Kota Depok Siapkan Anggaran 349 Miliar Rupiah Untuk Perbaikan Jalan

DBMSDA Kota Depok Siapkan Anggaran 349 Miliar Rupiah Untuk Perbaikan Jalan

HarianDepok.com – Berita , Mengupayakan agar dapat memperbaiki jalan di seluruh wilayah kota Depok, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Depok telah menganggarkan dana sebesar 349,2 miliar rupiah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tahun anggaran 2016 yang nantinya akan digunakan untuk pembelian material dan yang lainnya.

Dana anggaran yang jumlahnya telah menyita anggaran daerah hingga 43, 85 persen atau sebesar 157,5 miliar rupiah ini nantinya akan diperuntukkan sebagai dana perbaikan di 613 ruas jalan lingkungan di seluruh wilayah kota Depok. Selain ruas jalan, dana tersebut juga diperuntukkan sebagai dana untuk perbaikan saluran air sebanyak 409 ruas saluran air yang ada di wilayah kota Depok.

“Ajuan perbaikan jalan lingkungan ini kami dapatkan dari Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di tingkat kecamatan hingga tingkat kota dan juga berdasarkan ajuan pokok pikiran dewan di DPRD Kota Depok,” tutur Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Depok Manto kepada SP di ruang kerjanya, di Jalan Raya Bogor, Kota Depok, Jawa Barat, belum lama ini.

Dari penjelasannya, pengerjaan proyek untuk perbaikan jalan lingkungan sudah dimulai sejak pertengahan Mei lalu. Ia juga mengatakan, pihak DBMSDA kota Depok akan memprioritaskan terlebih dahulu jalan lingkungan yang berada di kawasan tempat tinggal masyarakat. Hal ini disebabkan lantaran masih banyak jalan lingkungan yang ada di kota Depok rusak berat dan perlu mendapatkan perbaikan.

Menurut data yang dimilikinya, panjang jalan yang ada di lingkungan kota Depok diperkirakan mencapai 108,16 kilometer. Dari kisaran panjang tersebut, sebanhak 77,38 persen atau setara dengan 825,56 kilometer adalah jalan lingkungan yang masih memiliki kualitas cukup baik. “Masih tersisa 22,62 persen jalan lingkungan yang masih rusak. Ini menjadi target kami untuk diperbaiki secara bertahap pada tahun ini,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, pada bagian wilayah timur kota Depok, menjadi target pihaknya untuk segera dilakukan perbaikan yang diantaranya meliputi kawasan Kecamatan Sawangan dan Kecamatan Bojongsari. Beberapa ruas jalan yang rencananya akan segera diperbaiki oleh pihaknya salah satunya adalah Jalan Raya Mochtar dengan anggaran yang dipersiapkan sebesar 450 juta rupiah.

Sedangkan untuk perbaikan ruas Jalan Raya Pasir Putih, dana yang disiapkan sebesar 700 juta rupiah dan untuk perbaikan ruas jalan H.Sulaiman dan Jalan Legok, pihaknya pun juga telah menyiapkan dana anggaran masing masing sebesar 800 dan 500 juta rupiah.

Dengan adanya rencana tersebut, diharapkannya pada pelaksanaan kegiatan perbaikan nantinya akan dapat berjalan dengan baik. “Semoga semua kegiatan perbaikan dan pembangunan yang kami lakukan dapat bermanfaat untuk warga Depok,” tandasnya.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok