Tips Mudah Agar Napas Selalu Segar Selama Berpuasa

Tips Mudah Agar Napas Selalu Segar Selama Berpuasa

HarianDepok.com – Kesehatan , Ketika berpuasa tidak ada asupan makanan dan minuman ke dalam tubuh. Hal tersebut yang menyebabkan napas kurang sedap dan tidak segar. Namun sebenarnya, untuk memperoleh napas segar selama berpuasa cukup mudah. Umat Islam cukup menghindari beberapa makanan yang dapat meninggalkan bau tak sedap di mulut, misalnya seperti bawang mentah, petai, durian, jengkol.

Ketika sahur, perbanyak minum air putih dan mengonsumsi makanan mengandung banyak serat, seperti buah dan sayur. Makanan mengandung serat dapat berfungsi sebagai pembersih mulut dan perut. Kondisi perut tidak sehat akan menimbulkan gas yang memicu timbulnya bau mulut. Bukan hanya itu, agar kesegaran mulut terjaga, menggosok gigi dan permukaan lidah secara rutin dua kali sehari setelah makan sahur dan malam sebelum tidur.

Karena berkurangnya produksi air liur selama puasa, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride gel di lapisan luar untuk mencegah gigi berlubang. Dan penyegar mulut di lapisan dalam untuk membantu melawan bakteri penyebab bau mulut. Dengan begitu napas akan terasa segar selama satu hari melaksanakan ibadah puasa.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok