DBMSDA Kota Depok Giat Laksanakan Normalisasi Situ Cilodong

DBMSDA Kota Depok Giat Laksanakan Normalisasi Situ Cilodong

HarianDepok.com – Berita , Meski kekurangan sarana dan prasarana dalam pelaksanaannya, upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk mengembalikan fungsi situ yang ada di wilayahnya sampai dengan saat ini masih terus melaksanakan kegiatan normalisasi yang dilakukan oleh pihak Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Depok dengan menggunakan sarana dan prasarana yang ada.

Situ Cilodong yang saat ini menjadi target normalisasi oleh pihak terkait, terus dilakukan pengerukan untuk mengangkat sampah dan endapan lumpur yang ada. Hal ini bertujuan agar dapat mengembalikan fungsi situ yaitu sebagai salah satu resapan air kota.

Satuan Tugas Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Koordinator Wilayah Kecamatan Cilodong, Tapos, Depok, Imanul Hakim mengatakan bahwa kegiatan normalisasi yang dilakukan oleh pihaknya di kawasan situ Cilodong kali ini dimaksudkan agar dapat memaksimalkan keberadaan situ yaitu sebagai salah satu resapan air kota.

“Kami memanfaatkan alat yang ada dan mengisi masa kosong dengan memaksimalkan kebutuhan situ yang memang sifatnya mendesak,” ujar Satgas Dibimasda Koordinator Wilayah Kecamatan Cilodong-Tapos, Imanul Hakim, kepada radarnews.

Ia menjelaskan untuk prosesi pengerukan yang ditargetkannya untuk membersihkan seluruh lahan situ dari berbagai endapan lumpur dan sampah rumah tangga yang mengakibatkan pendangkalan dan menurunnya fungsi situ sebagai serapan kota.  Selain ditujukan untuk hal tersebut, kegiatan normalisasi juga dimaksudkan agar kondisi lingkungan situ Cilodong kembali seperti semula.

“Kami akan keruk semua endapan lumpur dan sampah yang ada, namun diutamakan yang sampahnya banyak,” katanya.

Sementara itu, Camat Cilodong, Khamid Wijaya mengatakan bahwa kegiatan normalisasi yang dilakukan oleh pihak DBMSDA kota Depok pada situ Cilodong merupakan program yang sengaja dilakukannya agar dapat mencegah dan mengurangi pencemaran situ dari sampah rumah tangga dan limbah lainnya yang dapat merusak lingkungan.

Penumpukan sampah di lokasi situ juga dianggapnya sebagai salah satu penyebab utama terjadinya pendangkalan situ. Maka daripada itulah, dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat kota Depok khususnya warga sekitar kawasan situ Cilodong agar dapat bersama sama menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan dari sampah.

“Karena itu, wajib menjaga kebersihannya dengan tidak meracuninya (membuang limbah rumah tangga ke situ,”tandasnya.(Izl)

[ Andriidaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)