Pemkot Depok Gelar Uji Sampel Makanan Olahan Terkait Zat

Pemkot Depok Gelar Uji Sampel Makanan Olahan Terkait Zat

HarianDepok.com – Berita , Agar dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat dan konsumen di wilayah kota Depok, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah melaksanakan kunjungan mendadak (Sidak) ke Pasar Depok Jaya untuk  melakukan uji sampel makanan dan jajanan yang dijual secara bebas di lokasi tersebut.

Sidak yang dilakukan pada Rabu 08 Juni 2016 kemarin, petugas terkait berhasil mengambil beberapa sampel makanan seperti tahu, kerupuk dan ikan olahan untuk diuji lebih lanjut kandungannya. Hal tersebut sengaja dilakukan guna mengantisipasi akan beredarnya bahan pangan mengandung zat kimia berbahaya seperti formalin dan borax.

“Di bulan Ramadhan kali ini, kami berusaha melakukan beberapa kegiatan pengamanan dan pengawasan terhadap makanan olahan yang dijual bebas dipasar terkait penyalahgunaan zat kimia berbahaya. Apalagi di saat seperti ini yang jumlah konsumen meningkat untuk memenuhi sajian untuk berbuka,” tutur Walikota Depok, Idris Abdul Shomad, Kamis (09/06/2016).

Sampel makanan yang berhasil diambil oleh petugas terkait langsung di uji. Dari hasil uji makanan tersebut, petugas berhasil mendapati akan adanya zat kimia berbahaya yaitu formalin di dalam tahu, sesangkan untuk hasil olahan ikan petugas tidak mendapati adanya kandungan zat berbahaya. Untuk sampel kerupuk sendiri, akan diuji coba di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok.

”Ada yang positif, tapi belum diketahui kandungannya. Uji tes yang dilakukan hanya untuk mengetahui makanan itu positif atau negatif mengandung baha-bahan berbahaya,” jelasnya.

Guna memberikan efek jera dan rasa aman kepada masyarakat, Pemkot Depok pun langsung mengambil tindakan tegas dengan cara memusnahkan bahan pangan berbahaya dengan mengkoordinasikan hal tersebut kepada pihak terkait. Selain daripada itu, Pemkot Depok pun juga akan bersinergi dengan pihak kepolisian setempat guna menangkap para pembuat pangan olahan berbahaya.

“Untuk di wilayah kota Depok sendiri, kami sudah mengkoordinasikannya dengan instansi terkait guna menangkap para pelaku dan memutuskan rantai distribusi bahan pangan olahan berbahaya. Namun apabila berada di luar kota Depok, tentunya kami akan menjalin komunikasi terkait penanganan permasalahan tersebut,” tandasnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)