BLH Depok Rutin Melaksanakan Uji Emisi

BLH Depok Rutin Melaksanakan Uji Emisi

HarianDepok.com – Berita , Demi mewujudkan kota Depok sebagai kota yang ramah akan lingkungan, asri dan nyaman Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok yang juga bekerjasama dengan Polresta Depok sampai dengan saat ini, rutin melaksanakan kegiatan uji emisi yang dilakukan di 11 Kecamatan se Kota Depok.

Selain bertujuan untuk mewujudkan kota Depok yang asri, nyaman dan ramah lingkungan, kegiatan tersebut juga dimaksudkan agar kualitas udara yang ada di kota Depok dapat terus terjaga dengan baik sehingga tercipta masyarakat dan lingkungan yang sehat serta terbebas dari berbagai macam polusi udara.

Kepala Penataan Hukum Pos Pengaduan BLH Kota Depok, Sariyo Sabani mengatakan, terhitung sejak awal Januari sampai dengan Juni 2016 saat ini, pihaknya telah melakukan kegiatan uji emisi kendaraan sebanyak delapan kali yang dimana pada pelaksanaannya, jumlah kendaraan yang telah dilakukan uji emisi diperkirakan sebanyak 800 unit.

”Setiap satu titik kegiatan, kami targetkan 100 kendaraan dilakukan uji emisi, dalam satu tahun kami menargetkan 1.500 kendaraan yang kami uji emisi,” ujar Saryo saat melakukan uji emisi di Balai Kota Depok, Rabu (08/06/2016).

Ia mengungkapkan bahwa sejak dilaksanakannya kegiatan uji emisi oleh pihaknya selama beberapa bulan belakangan ini ada beberapa kendaraan yang tidak lolos dalam uji emisi. Hal tersebut diperkirakannya akibat adanya keterlambatan melakukan service kendaraan atau juga pergantian oli yang tidak dilakukan secara periodik oleh pemilik kendaraan.

‘Untuk uji emisi kali ini ada lima kendaraan tak lolos uji emisi, mungkin mereka lupa ke bengkel dan lupa mengganti oli. Selain itu, mungkin ada juga yang sistem pembakarannya tidak sempurna seperti ada satu busi mati, itu menyebabkan pembakaran tidak sempurna,” ucapnya.

Ia menjelaskan kembali selain dapat disebabkan oleh hal tersebut, tidak lulusnya uji emisi suatu kendaraan juga bisa disebabkan oleh adanya penggunaan knalpot yang bukan standar keluaran pabrik sehingga mengakibatkan pembakaran mesin kendaraan menjadi tidak sesuai lagi dengan perhitungan pabrik.

Maka daripada itulah pihaknya menyarankan agar para pengendara selalu menggunakan spare part standarisasi keluaran pabrik. ”Jangan pakai knalpot yang abal-abal. Kami tidak memberikan sanksi, namun memberikan rekomendasi untuk melakukan perawatan di bengkel. Khusus angkot uji emisinya dilakukan di Dishub Pemkot Depok,” tandasnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Attachments area
Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)