Bus TransJakarta Jurusan Depok – Jakarta Masih Belum Optimal

Bus TransJakarta Jurusan Depok - Jakarta Masih Belum Optimal

HarianDepok.com – Berita , Adanya kehadiran moda transportasi umum TransJakarta yang telah masuk ke dalam wilayah kota Depok disambut antusias oleh sejumlah pengguna jasa angkutan umum yang mengharapkan akan adanya alat transportasi massal yang aman dan nyaman. Meski demikian, kehadiran TransJakarta di wilayah kota Depok kali ini masih dianggap belum optimal dalam penerapannya dilapangan.

Pasalnya, sarana angkutan umum TransJakarta yang beroperasi jurusan Depok – Jakarta ini belum didukung sepenuhnya dengan adanya ketersediaan koridor dan jalur khusus yang biasa diterapkan di wilayah DKI Jakarta sehingga mengakibatkan bus tersebut dapat berhenti di sembarang tempat layaknya angkutan umum lainnya.

“Kalau bisa disediain tempat pemberhentian, jadi tidak seperti angkot, di mana saja diberhentikan berhenti. Dan kalau bisa, arah Depok-Jakarta ini ada jalur khususnya biar enggak campur dengan kendaraan lain, sehingga tidak kena macet,” kata Tini, pelanggan Transjakarta, saat ditemui di Halte UI Depok, Jawa Barat, pada Selasa, (07/06/2016).

Selain belum didukung oleh adanya koridor dan jalur khusus untuk bus TransJakarta, sejumlah penumpang pun banyak yang mengeluhkan waktu tunggu bus yang dinilai mereka tidak menentu sehingga berdampak kepada keterlambatan dalam bekerja.

“Kalau nyaman sih, nyaman, karena belum ramai kalau dari Depok. Tapi kadang menunggu bus datang lama banget dan busnya masih sedikit,” kata Iyung Rizki, karyawan swasta.

Menurut data yang diperoleh dari vivanews jalan yang dilalui oleh bus TransJakarta jurusan Depok – Jakarta adalah: Halte Universitas Indonesia – Halte Universitas Pancasila – Stasiun Lenteng Agung – Stasiun Tanjung Barat – Poltangan – Jalan Raya Pasar Minggu – Jalan Dr Supomo – Jalan dr Saharjo.

Manggarai tujuan Universitas Indonesia

Jalan yang dilalui: Jalan dr Saharjo – Jalan Dr Supomo – Jalan Raya Pasar Minggu – Poltangan – Stasiun Tanjung Barat – Stasiun Lenteng Agung – Halte Universitas Pancasila – Halte Universitas Indonesia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Gandara Budiana mengatakan akan terus berupaya semaksimal mungkin dalam mengadakan sarana dan prasarana angkutan umum untuk wilayah kota Depok agar lebih nyaman, aman digunakan oleh seluruh masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya sehari hari.(Izl)

[  AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)