Kota Depok Sahabat Lansia Akan Segera Direalisasikan

Kota Depok Sahabat Lansia Akan Segera Direalisasikan

HarianDepok.com – Berita , Guna mewujudkan kota Depok yang Ramah Lansia, Pemerintah kota (Pemkot) Depok saat ini tengah merancang Peraturan Daerah (Perda) dengan harapan dapat mewujudkan kota Depok yang bersahabat dengan para lansia. Selain diupayakan untuk hal tersebut, dirancangnya Perda tersebut juga dimaksudkan agar memungkinkan para lansia untuk bisa mandiri dan hidup layak sesuai usianya.

“Memungkinkan mereka untuk terus bisa mandiri, beraktivitas dan hidup layak sesuai usianya. Itu yang menjadi upaya jadikan Depok Kota Ramah Lansia,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Pemkot Depok, Diah Sadiah, di Balaikota Depok, Selasa (07/06/2016).

Guna mengoptimalkan upaya tersebut, Diah pun menggandeng pihak Center of Ageing (CAS) Universitas Indonesia (UI) yang dilakukannya sejak tahun 2015 lalu yang kedepannya kajian dan draft terkait perihal tersebut dapat segera disahkan sehingga di tahun 2017 mendatang, upaya tersebut juga dapat segera direalisasikan.

“Dengan adanya Perda tersebut, Pemkot Depok akan mempunyai acuan serta payung hukum untuk mengembangkan Kota Ramah Lansia dan semua usia secara bertahap, serta berkesinambungan untuk menjadi acuan semua Organisasi Peringkat Daerah (OPD) dan masyarakat,” jelasnya.

Dari penjelasannya, bahwa nantinya di dalam Perda tersebut akan ada banyak keberpihakan kepada para lansia yang diantaranya di bidang infrastruktur, transportasi, pelayanan kesehatan dan yang lainnya sehingga para lansia dapat menjalani hidup lebih baik lagi. “Apalagi saat ini Depok memiliki program Depok Sahabat Lansia, maka diperlukan juga landasannya,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Sosial Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Depok, Ani Rahmawati mengatakan bahwa meskipun Perda yang mengatur lansia masih dalam bentuk draft dan belum diresmikan, namun Depok sampai sampai dengan saat ini telah berupaya semaksimal mungkin memberikan perhatian lebih kepada para lansia.

“Kegiatan yang melibatkan lansia di antara lain adalah pelatihan lansia potensial. Kita tingkatkan lagi kegiatan untuk para lansia,” tutur Ani.

Meski demikian, Ani mengharapkan agar draft Perda yang sudah dipersiapkan akan dapat segera diresmikan sehingga dapat direalisasikan lebih baik lagi sekaligus mempercepat proses perwujudan kota Depok yang bersahabat dengan lansia.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: