Usaha Air Mineral Palsu di Depok Digerebek Petugas

Usaha Air Mineral Palsu di Depok Digerebek Petugas

HarianDepok.com – Berita , Pihak kepolisian kota Depok pada Minggu 05 Juni 2016 kemarin malam telah melakukan penggerebekan terhadap usaha air mineral palsu yang berlokasi di Jalan Rawa Jati, Krukut, Limo. Sejumlah anggota kepolisian dari Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Depok pun langsung menggelandang pelaku ke kantor untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Kepala Polresta Depok, AKBP Harry Kurniawan mengatakan bahwa adanya kegiatan penyergapan terhadap usaha air mineral palsu ini ditenggarai oleh adanya laporan dari sejumlah warga yang mengeluhkan atas adanya perbedaan kualitas dan rasa air yang dibelinya di tempat usaha tersebut.

“Terbongkarnya usaha pemalsuan air minum miniral palsu ini atas informasi dan pengaduan warga,” ujar Kapolres Depok, AKBP Harry Kurniawan di Mapolresta Depok, Selasa (07/06/2016).

Atas adanya laporan tersebut, Harry pun langsung menugaskan anggotanya yang berada di Satreskrim untuk segera melakukan penyelidikan ke lokasi usaha tersebut yang dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polresta Depok, Komisaris Polisi Teguh Nugroho.

“Pada saat anggota polisi melakukan penggerebekan pelaku sedang mengoplos galon isi 19 liter dengan air dari dalam sumur. Setelah itu pelaku juga mengemas tutup galon dengan merek ternama minuman air mineral,” jelasnya.

Pelaku yang berinisial RAS (33th) pada saat ditanya oleh petugas mengaku bahwa usaha yang digelutinya ini sudah berjalan sejak Februari 2016 lalu yang dimana dalam waktu sehari dirinya mampu memproduksi air mineral sebanyak 30 galon. Hasil tersebut diakuinya disebar ke sebagian wilayah kota Depok dan dijual secara eceran.

“Dalam sehari pelaku dapat memproduksi puluhan galon air dengan memalsukan salah satu merek terkenal air minum. Hasil keuntungan menjual galon tidak mencapai sebulan memperoleh sekitar Rp 3 juta. Per galon rata-rata pelaku menjual sekitar harga 10 ribu,” tutur Harry.

Dari hasil pengerebekan di lokasi, petugas selain berhasil menangkap pelaku, petugas juga berhasil menyita barang bukti sebanyak 426 tutup galon berlabel Aqua, enam filter air, tiga tabung gas dan satu unit mobil jenis pick up dengan plat nomor B 9482.

“Peredaran air mineral dengan memalsukan merek dagang terkenal seperti yang dilakukan pelaku RAS juga karena kurang kewaspadaan dan teliti dari konsumen dalam melihat produk. Pelaku dikenakan UU Perlindungan Konsumen Pasal 62 ayat 1 jo pasal 8 ayat 1, dan UU RI No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dengan ancaman lima tahun denda Rp 2 Milliar,” tegas Harry.

Harry memperkirakan jenis kejahatan seperti ini masih banyak dan masih dilakukan oleh sejumlah orang. Guna mengungkapnya, Harry menghimbau kepada seluruh masyarakat dan konsumen air mineral kemasan agar selalu berhati hati dan mengecek terlebih dahulu keaslian dan kemasan air mineral sebelum dibeli. Apabila ada hal yang mencurigakan segera melapor kepada pihak kepolisian terdekat agar segera ditindak lanjuti.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)