BTN Bakal Luncurkan KPR untuk Rumah di Bawah Rp 100 Juta

BTN Bakal Luncurkan KPR untuk Rumah di Bawah Rp 100 Juta

HarianDepok.com – Properti , Baru-baru ini dikabarkan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, bakal meluncurkan program kredit perumahan baru yang dinamakan KPR Mikro. Program ini untuk KPR rumah dengan harga di bawah Rp 100 juta. Direktur Utama BTN Maryono mengatakan, ini adalah terobosan baru yang dilakukan perseroan demi memenuhi permintaan rumah dari pekerja informal yang berpenghasilan menengah ke bawah.

“?Bentuknya pembiayaan pertamanya sewa beli, nanti kalau dia sewa berapa tahun, kalau lancar itu akan jadi hak opsinya dia. Tapi kalau dia nggak mampu lagi bisa dipindahkan ke yang membutuhkan,” ujar Maryono seperti yang dikutip liputan6.com Kamis (09/06/2016). Pekerja informal adalah mereka yang berpenghasilan tidak tetap seperti tukang ojek, pedagang, tukang sayur dan lainnya.

Dalam penyaluran program ini, BTN akan bekerjasama dengan BUMN lainnya, yakni PT Permodalan Nasional Madani (Persero). PNM dikenal sebagai BUMN penyalur kredit mikro, yang mayoritas ibu-ibu rumah tangga yang mempunyai pendapatan tidak tetap. Saat ini, BTN sedang mempersiapkan kerjasama tersebut sebelum nantinya akan dilakukan perjanjian kerjasama (MoU).

“Kira-kira bulan ini kita akan signing dengan PMN, dan setelah itu baru kita salurkan program ini,” ucap Maryono. Karena masih baru, Maryono mengaku belum bisa mematok target terlalu banyak penyaluran rumah-rumah mikro ini. Saat ini penjajakan peta nasabah masih akan dilakukan BTN dengan PNM. “Mungkin kalau 1.000 unit rumah masih bisa. Ini rumah harganya di bawah rumah subsidi, jadi di bawah Rp 100 juta,” pungkas Maryono.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok