Polresta Depok Bersama sama Dengan Instansi Terkait Lainnya Awasi Penimbunan Stok Sembako

Polresta Depok Bersama sama Dengan Instansi Terkait Lainnya Awasi Penimbunan Stok Sembako

HarianDepok.com – Berita , Di bulan Ramadhan yang kerap dimanfaatkan oleh sejumlah mafia bahan pangan untuk menahan barang dagangannya agar harganya dapat melonjak naik menjadi salah satu target operasi yang nantinya akan dibasmi oleh pihak kepolisian kota Depok yang mengaku telah meningkatkan dan membentuk satu tim untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Selain dapat merugikan masyarakat dan konsumen, kegiatan penimbunan bahan pangan juga telah melanggar aturan dan tata tertib yang diberlakukan oleh pemerintah sehingga kegiatan tersebut apabila ditemukan akan langsung ditindaklanjuti ke meja hijau untuk diadili.

Kepala Polresta Depok, AKBP Harry Kurniaqan mengatakan bahwa pihaknya dalam mengatasi dan mengawasi akan adanya permasalahan tersebut telah menyiapkan sejumlah anggotanya yang nantinya akan disebar ke sejumlah tempat terindikasi rawan penimbunan bahan pangan dengan harapan dapat menekan lonjakan harga dan kelangkaan stok bahan pangan di bulan Ramadhan.

“Penimbunan sembako menjelang puasa sekaligus Lebaran untuk memainkan harga sudah jelas sangat merugikan masyarakat dan pemerintah. Untuk itu untuk pengawasan akan berkoordinasi dengan tim terpadu pemerintah Kota Depok,”ujarnya kepada Pos Kota saat dikonfirmasi, Selasa (07/06/2016).

Selain pihaknya, instansi terkait lainnya pun juga akan turut dilibatkan guna memperkecil ruang gerak para mafia penimbun bahan pangan di wilayah kota Depok. Mereka yang nantinya akan turut terjun langsung kelapangan diantaranya adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Satpol PP dan instansi terkait lainnya.

“Sesuai dengan surat kementerian yang dibacakan di depan unsur Forkompinda dalam pengawasan tim terpadu akan diturunkan. Tim terpadu terdiri dinas perdagangan perijinan sosial dan polisi mem backup Pemkot Depok jika ada temuan pelanggaran pidananya,”ungkapnya.

Dengan adanya hal tersebut, diharapkannya dapat mencegah terjadinya kelangkaan stok bahan pangan yang berimbas kepada lonjakan harga terlebih lagi menjelang hari raya Idul Fitri yang dalam beberapa pekan lagi akan segera dirayakan oleh seluruh umat muslim di tanah air.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: