Dishub Depok Rutin Gelar Razia Angkot di Wilayahnya

Dishub Depok Rutin Gelar Razia Angkot di Wilayahnya

HarianDepok.com – Berita , Guna menekan aksi dan tindakan kriminal di wilayah kota Depok, Dinas Perhubungan (Dishub) kota Depok hingga sampai dengan saat ini terus melakukan kegiatan razia kendaraan Angkutan Umum Kota (Angkot) yang dilakukan sejak 01 Juni 2016 dengan harapan dapat memperkecil ruang gerak para penjahat dalam melancarkan aksinya.

Dari hasil yang didapatkan sejak kegiatan razia tersebut dilakukan oleh para petugas Dishub kota Depok, sebanyak 23 berkas pelanggaran angkot berhasil didapatkan yang dimana didominasi oleh pelanggaran KIR kendaraan yang sudah kadaluwarsa, kartu pengawasan trayek yang sudah melewati batas berlaku dan tidak mengenakan seragam pada saat beroperasi.

“Ya, kami terus menindak para pengendara khususnya para supir angkot yang tidak memenuhi kewajibannya dalam beroperasi yakni, tidak menggunakan tanda pengenal serta seragam yang ditetapkan, habisnya masa berlaku KIR kendaraan, serta dokumen kelengkapan lainnya yang menjadi target operasi kami,” tutur Kepala Terminal Depok, Selasa (07/06/2016).

Ia menjelaskan bahwa kegiatan razia yang dilaksanakan oleh seluruh anggotanya sejak beberapa hari belakangan ini, rencananya akan terus dilakukan dan dijalankan secara terus menerus setiap seminggu dua kali dengan target lokasi yang berpindah pindah dan acak.

“Selain menindak para supir angkutan yang tidak melengkapi dokumen kendaraan dan identitasnya, pihak kami pun juga akan melakukan razia kaca film yang menggunakan film pelindung matahari melebihi atau diatas 40 persen. Hal ini kami lakukan sebab kerap disalahgunakan untuk pendukung tindak kejahatan di angkot,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa dari sekian banyak supir angkot, angkutan barang dan truk yang terjaring razia pada waktu itu akan dijadwalkan untuk mengikuti sidang tilang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) kota Depok. “Semuanya yang terjaring razia kami berikan surat tilang untuk mengikuti sidang di Pengadilan Negeri yang ditunjuk,”jelasnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Razia Angkutan Umum Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Ari Siswanto mengatakan bahwa selama razia yang digelar oleh pihaknya sejak 01 Juni 2016 kemarin telah berhasil menjaring sebanyak 127 angkot yang dimana 30 diantaranya memakai kaca film dengan tingkat kadar kegelapan melebihi yang diperbolehkan.

“Hal ini kami tidaklanjuti karena selain melanggar aturan yang ada, penggunaan kaca film dengan tingkat kegelapan melebihi yang ditetapkan juga kerap digunakan dan dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk melancarkan aksi kejahatannya di dalam angkutan umum seperti pemerkosaan dan penodongan,” tandasnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)