Harga Daging Sapi Perkilonya Tembus 120.000 Rupiah

Harga Daging Sapi Perkilonya Tembus 120.000 Rupiah

HarianDepok.com – Berita , Meski pihak Dinas Peternakan dan Perikanan (Distankan) Kota Depok mengaku terus berupaya mengawasi dan menekan gejolak harga komoditas dan ketersediaan stok daging sapi di wilayahnya namun hingga sampai saat ini perihal tersebut dirasa masih belum maksimal. Pasalnya di kawasan Pasar Deppen HBTB Sukatani, Tapos, Depok harga daging sapi perkilo nya tembus hingga 120.000 rupiah.

Selain tingginya harga daging sapi, ketersediaan stoknya pun terus mengalami penurunan jumlah dikarenakan banyaknya permintaan daging sapi di bulan Ramadhan tahun 2016 ini melebihi jumlah permintaan pada biasanya. “Sekarang Rp 120.000 per kilogram. Soalnya banyak permintaan juga,” ujar seorang pedagang daging di lokasi, Selasa (07/06/2016).

Dari hasil laporan rekan media dilapangan bahwa di kawasan Pasar Deppen HBTB adalah salah satu pasar yang paling banyak dikerumuni oleh konsumen dimana kebanyakan dari mereka mencari stok daging sapi untuk sajian berbuka puasa. Bahkan ada beberapa sejumlah kios pedagang daging sapi kehabisan stok daging sejak pukul 08:00 WIB pagi. “Ini sudah habis, nanti nunggu satu jam lagi mudah-mudahan dikirim,” imbuhnya.

Menurut pantauan di pasar tersebut, harga pasaran daging sapi per kilonya pada saat bulan Ramadhan sudah mengalami kenaikan yang cukup signifikan yaitu sebesar 10.000 rupiah per kilonya yang sepekan sebelumnya mencapai 110.000 rupiah. Lonjakan kenaikan tersebut apabila tidak segera ditangani oleh pihak terkait dikhawatirkan akan terus mengalami lonjakan harga yang cukup fantastis pada saat menjelang hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah mendatang.

Selain daging sapi yang telah mengalami lonjakan harga, daging ayam sayur pun juga mengalami kenaikan hingga 3.000 rupiah per ekornya yang dimana saat ini dijual dengan harga 38.000 rupiah per ekornya yang sebelumnya hanya berkisaran di angka 35.000 rupiah.

Perlu diketahui bahwa pada beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan bahwa untuk harga jual daging sapi per kilonya harus dikisaran 80.000 rupiah yang wajib diikuti dan ditaati oleh seluruh pengusaha dan para penjual daging sapi potong.

Pihak Pemkot Depok pun dalam menyikapi hal tersebut telah berupaya menggelar operasi pasar selama beberapa hari di sejumlah daerah dengan harapan mampu menekan lonjakan harga bahan pangan pada saat bulan Ramadhan tiba.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: