22 Bangunan di Ternate Rusak Akibat Guncangan Gempa 6,6 SR

22 Bangunan di Ternate Rusak Akibat Guncangan Gempa 6,6 SR

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Subuh pagi tadi, Rabu (08/06/2016), wilayah Ternate dan Halmahera, Maluku Utara diguncang gempa bumi berkekuatan 6,6 SR sehingga menyebabkan 21 rumah dan sebuah gereja di Pulau Batang Dua, Kota Ternate, Maluku Utara, rusak. Camat Pulau Batang Dua Philipus Patipelihoi mengatakan, sebanyak tiga rumah rusak berat di Kelurahan Mayau, tiga rumah rusak ringan di Kelurahan Bido, 14 rumah rusak ringan, satu rusak berat dan satu bangunan gereja rusak ringan di Kelurahan Lelewi.

Sedangkan dampak gempa di tiga kelurahan lainnya belum diketahui. Camat mengaku, jumlah kerugian dan korban jiwa belum bisa diketahui pasti. “Sejauh ini belum bisa saya pastikan. Nanti dari BPBD Kota Ternate yang menyampaikan langsung ke media,” ujarnya. Gempa Bumi tektonik berkekuatan 6,6 SR ini terjadi pukul 03.14 WIT. Pusat gempa Bumi terletak pada koordinat 1,35 lintang utara dan 126,41 bujur timur,-

tepatnya di laut pada jarak 126 kilometer arah barat laut Kota Ternate atau pada jarak 131 kilometer arah timur Kota Bitung dengan kedalaman hiposenter 58 kilometer. Berdasarkan hasil analisis tingkat guncangan (shakemap), dampak gempa Bumi ini menimbulkan guncangan pada skala intensitas di Ternate III-IV MMI (II SIG BMKG), di Halmahera Barat III-IV MMI (II SIG BMKG), dan Tomohon Sulawesi Utara II MMI (I SIG BMKG). Informasi skala intensitas gempabumi ini menunjukkan gempa Bumi tidak berdampak tsunami.

Hasil monitoring BMKG Kota Ternate pasca-lindu menyatakan sudah terjadi gempa susulan sebanyak dua kali dengan kekuatan 4,3 SR. Tampak kecenderungan aktivitas gempa Bumi susulan kekuatannya terus melemah. Gempa susulan ini menunjukkan tidak ada potensi gempa Bumi dengan kekuatan yang lebih besar. Untuk itu, Masyarakat Pulau Mayau, Sulawesi Utara, Halmahera dan Kota Ternate diimbau agar tetap tenang mengingat gempa Bumi yang terjadi tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok