Satlantas Polresta Depok Perketat Permohonan Pengajuan SIM Baru

Satlantas Polresta Depok Perketat Permohonan Pengajuan SIM Baru

HarianDepok.com – Berita , Guna menekan tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi, pihak Satlantas Polresta Depok akan memperketat pengawasannya terhadap penerbitan dan permohonan pengajuan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru dengan harapan dapat menjaga dan meminimalisir kecelakaan yang terjadi di kota Depok.

Dalam penerapannya, pihak Satlantas Polresta Depok akan lebih selektif dan berhati hati dalam memilah pengajuan pembuatan SIM yang dimaksudkan agar masyarakat dapat lebih mengetahui dan memahami makna rambu rambu dan aturan dalam berlalu lintas sehingga dapat memperkecil resiko terjadinya kecelakaan dalam berlalu lintas.

“Penerbitan SIM akan selektif. Sudah kami mulai untuk lebih diketatkan lagi dalam pembuatan SIM baru bagi masyarakat. Hal ini bertujuan agar masyarakat lebih mantap dan tahu rambu-rambu lalu lintas supaya lebih tertib dan tentunya dapat meminimalisasi kecelakaan di jalan,” ujar Kapolresta Depok AKBP Harry Kurniawan di Mapolresta Depok, Senin (06/06/2016).

Guna memaksimalkan kegiatan tersebut, pihaknya pun menyatakan akan mengantisipasi adanya praktik percaloan pembuatan SIM yang ada di lingkungan kantor tempat penerbitan SIM dengan menempatkan sejumlah anggota Provost di beberapa tempat terindikasi rawan percaloan.

Agar dapat lebih menekan dan mempersempit ruang gerak para calo, pihaknya pun juga akan menerapkan sistem satu pintu dalam proses pembuatan SIM sehingga pengajuan atau permohonan pembuatan SIM dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan lebih transparan. “Sistem satu pintu kami gunakan dalam proses pembuatan SIM. Selain dapat menghindarkan percaloan, juga lebih transparan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Depok, Komisaris Polisi Sutomo mengatakan bahwa dalam pengajuan SIM baru, pihaknya terus menghimbau kepada masyarakat agar selalu mempelajari dan memahami soal soal yang akan diujikan agar pengajuan dapat terealisasikan dengan baik.

“Bagi masyarakat pemohon uji SIM yang memang belum lulus dalam pengajuan SIM baru dapat mengulangnya kembali,” jelasnya.

Dengan adanya beberapa upaya tersebut, diharapkannya dapat menekan terjadinya kecelakaan yang disebabkan oleh minimnya pengetahuan dan pemahaman terkait rambu dan tata tertib dalam berlalu lintas yang diberlakukan.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok