Puluhan Titik Longsor di Depok Akan Segera Diperbaiki

Puluhan Titik Longsor di Depok Akan Segera Diperbaiki

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dibawah kepemimpiman Walikota Idris Abdul Shomad saat ini terus berupaya membenahi sejumlah titik longsor yang ada di kawasan kota Depok yang dimana diketahui bahwa sampai dengan saat ini telah berjumlah sekitar 30 titik.

Jumlah tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Depok, Manto yang mengatakan bahwa hal tersebut akan sepenuhnya ditangani dengan cara bertahap mengingat keterbatasan dana dan tenaga yang dimiliki oleh pemerintah saat ini.

“Saat ini ada sekitar 30-an titik longsor, rata-rata berada di pinggir kali. Perbaikan akan kami lakukan secara bertahap,” ujarnya kepada rekan media dilapangan, Minggu (05/06/2016).

Ia menjelaskan bahwa untuk penanganan sejumlah titik longsor tersebut nantinya akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok untuk membeli sejumlah material pendukung. Sedangkan untuk tenaga pekerjanya sendiri akan menggunakan anggota yang dimilikinya saat ini.

“Kami juga akan mengusulkan di Belanja Tak Terduga (BTT) untuk mengerjakan sepanjang kurang lebih 200 meter. Itu butuh proses karena harus dibuat DED nya dan dilelang tahun ini,” paparnya.

Sementara itu, Walikota Depok, Idris Abdul Shomad mengatakan bahwa salah satu bencana yang menjadi prioritasnya untuk dibenahi adalah longsor yang terjadi di wilayah Tanah Baru, Beji, Depok yang diketahuinya disebabkan oleh cuaca dan alam.

“Ada tiga kilo jarak yang rawan sepanjang Tanah Baru ini, dan pembenahannya memerlukan proses yang tidak sebentar. Pengerjaan ini pun sifatnya hanya sementara, agar tidak menamabah ambles,” ungkapnya.

Idris juga menjelaskan bahwa untuk penyelesaiannya akan dilihat kembali melalui DED yang ada. Sedangkan untik pemeliharaannya akan dilakukan secara bertahap mengingat akan adanya keterbatasan dan kendala lainnya seperti kemacetan yang timbul akibat pengerjaan perbaikan tersebut.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ] ]

Tags: