Bulan Ramadhan Distankan Depok Pastikan Stok Daging Sapi Aman

Bulan Ramadhan Distankan Depok Pastikan Stok Daging Sapi Aman

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam upayanya memenuhi kebutuhan pangan untuk masyarakatnya sampai dengan saat ini terus berupaya melakukan pengawasan dan gencar melakukan operasi pasar dengan harapan dapat menekan lonjakan harga dan menstabilkan ketersediaan stok pangan untuk kotanya.

Selain melakukan hal tersebut, Pemkot Depok pun dalam menyikapi akan adanya instruksi dari Presiden Joko Widodo yang menyatakan bahwa harga daging harus dikisaran 80 ribu rupiah per kilogramnya juga telah melakukan sejumlah upaya lainnya yaitu melakukan pengawasan terhadap sejumlah Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yang ada di kawasan Tapos, Depok dengan maksud memastikan ketersediaan stok daging sapi yang kerap melonjak permintaannya pada saat bulan Ramadhan.

Dari data yang berhasil dihimpun oleh awak media di RPH tersebut, rata rata produksi daging sapi perharinya sebanyak 5,25 ton untuk memenuhi kebutuhan warga kota Depok dan sekitarnya.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan (Distankan) kota Depok, Tinte Rosmiati mengatakan bahwa peran pihaknya terkait permasalahan tersebut adalah menjamin ketrsediaan stok dan keamanan pangan agar dapat terus berada di dalam level aman sehingga kota Depok tidak kekurangan stok pangan khususnya daging sapi yang kerap langka pada saat menjelang hari lebaran.

“Di RPH produksi rata – rata 35 ekor sapi per hari, karkas saja 150 kilogram per ekor, tinggal ditotal saja. Itu konstan. Dan kebutuhan agak naik saat Ramadhan kita jamin stok aman,” tegas Tinte di Depok, Minggu (05/06/2016).

Selain berpatokan kepada RPH tersebut, sejumlah RPH lainnya yang berada di sekitaran kota Depok pun juga diakomodir gina memenuhi kebutuhan stok daging sapi potong untuk masyarakat kota Depok. Selain di berpatokan kepada RPH yang ada di kawasan Depok, yang berada di Kabupaten Bogor pun juga menjadi tempat pendistribusian.

“Ada beberapa stok daging dari luar Depok juga kan antar regional wilayah bisa didistribusikan juga,” paparnya.

Tinte juga menegaskan, pihaknya selain menjaga ketersediaan stok agar tetap aman, juga akan melakukan uji sampel agar stok daging terhindar dari berbagai penyakit dengan harapan dapat turut menjaga kesehatan masyarakat dari penyakit.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)