Ratusan Buruh di Depok Gelar Unjuk Rasa Tolak PHK Secara Sepihak

Ratusan Buruh di Depok Gelar Unjuk Rasa Tolak PHK Secara Sepihak

HarianDepok.com – Berita , Aksi solidaritas yang dilakukan oleh ratusan pekerja menolak akan adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) beberapa rekannya yang dilakukan oleh pihak pengelola perusahaan di kota Depok berjalan cukup alot dan membuat sejumlah kendaraan sempat mengalami kemacetan yang cukup parah.

Aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh ratusan pekerja di depan kawasan PT Mayaka yang berlokasi di Jalan Tole Iskandar, Depok, Jawa Barat pada Senin 30 Mei 2016 kemarin terus menyuarakan menolak akan adanya PHK secara sepihak yang dilakukan oleh pihak pengelola PT Mayaka terhadap 23 orang pegawainya.

“Alasannya terlalu dibuat buat dan tidak berpihak kepada kesejahteraan buruh. Banyak juga alasan yang tidak jelas yang mengatakan hal tersebut terpaksa dilakukan lantaran akan adanya kegiatan efisiensi yang diterapkan oleh perusahaan. Padahal itu sudah diatur dalam undang undang. Kami yakini hal tersebut disebabkan oleh mereka tengah melakukan pembentukan serikat pekerja,” tutur Slamet salah satu pekerja yang ikut melakukan aksi unjuk rasa tersebut.

Sebanyak 23 pekerja yang di pecat oleh pihak perusahaan, diperkirakan akan terus bertambah dengan adanya kabar yang mengatakan bahwa pihak perusahaan akan segera memecat lagi karyawannya sebanyak 19 orang. Terkait dengan permasalahan tersebut, apabila tidak adanya komunikasi yang baik antara pihak perusahaan dengan para buruh, maka mereka mengancam akan segera menduduki perusahaan tersebut.

“Tolak PHK sepihak, kami juga menolak penghapusan serikat pekerja. Jika perusahaan tidak juga mengajak negosiasi maka kami akan terus kepung perusahaan ini,” ancam Slamet.

Selain pihaknya mendapatkan dukungan dari sejumlah rekan buruh lainnya, pihaknya pun mengaku berharap kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Depok agar ikut terjun kelapangan mengatasi permasalahan tersebut sehingga jangan sampai akan ada lagi PHK secara sepihak dilakukan. Selain dapat menambah jumlah pengangguran, hal tersebut juga berdampak kepada turunnya perekonimian dan tingkat kesejahteraan warga kota.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)