Inilah Alasan Pentil Ban Diludahin Setelah Isi Angin

Inilah Alasan Pentil Ban Diludahin Setelah Isi Angin

HarianDepok.com – OtoNews , Bagi anda yang pernah mengisi angin ban di pinggir jalan tentu tidak asing dengan pentil ban yang diludahi. Metode ini memberi air liur di bagian dalam pentil ban setelah mengisi angin. Alasan logis tukang ban memberi air liur ini bertujuan agar angin tidak gampang merembes keluar dan mencari indikasi apakah ada kebocoran dari pentil. Memang, hal ini bagi sebagian orang dianggap jorok dan tidak masuk akal.

“Sengaja diludahin pentilnya biar mampet. Air ludah bisa nahan angin nggak bocor dari sela-sela pentil,” ujar Yatno, tukang tambal ban di kawasan Cipinang, Jakarta Timur seperti yang dikutip Liputan6.com. Tukang ban biasanya mengoleskan air liur di pentil yang tidak menggunakan tutup. Akan tetapi, ada juga yang tidak mau ambil pusing dengan mengoleskan air liur ke tiap pentil ban kendaraan yang mengisi angin, walaupun sudah mempunyai tutup.

“Biasanya kayak gitu soalnya takut ban yang habis diisi angin bocor lagi. Kadang pentilnya juga sudah jelek, jadinya mending diludahin walaupun sudah ada tutupnya,” pungkas Yatno.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok