Koperasi di Depok Banyak Yang Belum Berizin

Koperasi di Depok Banyak Yang Belum Berizin

HarianDepok.com – Berita , Banyaknya koperasi simpan pinjam yang ada berdiri di kota Depok menjadi sorotan masyarakat yang dimana diperkirakan tidak berbadan hukum atau tidak memiliki izin sehingga perlu mendapatkan perhatian dari pihak terkait agar dapat menertibkannya. Hal ini dikhawatirkan akan terus berkembang apabila tidak ada tanggapan dan respon yang berdampak kepada perekonomian kota.

Sebanyak ratusan koperasi simpan pinjam dan sejenisnya yang ada di kota Depok saat ini, dapat dengan bebas melakukan aktivitasnya sehari hari yang kebanyakan dari mereka memanfaatkan moment yang ada agar dapat memajukan usaha ilegalnya.

Kepala Bidang Dinas Koperasi UMKM dan Pasar (DKUP) Kota Depok, Matteo Dasiva mengatakan bahwa pihaknya telah menganalisa dan mencatat jumlah keseluruhan koperasi yang ada di kawasan kota Depok agar dapat terpantau dan terawasi dengan baik yang dimana total keseluruhan lembaga koperasi yang ada di kota Depok sekitar 618 koperasi.

“Jumlahnya sekitaran 618 koperasi, namun yang aktif dan rutin melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) hanya sebanyak 53 koperasi saja. Sedangkan untuk 459 koperasi yang berdiri secara ilegal dan yang lainnya terpaksa kami tutup usahanya dikarenakan sudah melanggar aturan dan hukum yang berlaku,” tuturnya, Minggu (05/06/2016).

Selain disebabkan oleh hal tersebut, ditutupnya ratusan usaha koperasi ini juga didasari oleh adanya kepentingan pribadi tanpa mengindahkan kepentingan masyarakat sehingga dikhawatirkan akan berdampak kepada penurunan perekonomian kota.

“Pengelola atau pengurus koperasi seharusnya paham ketentuan yang ada termasuk jika tak melakukan RAT selama dua tahun berturut-turut koperasi bisa dibubarkan atau dicabut,” katanya.

Dari data yang dimilikinya bahwa kebanyakan koperasi yang berdiri di wilayah kawasan kota Depok berjalan melalui koperasi simpan pinjam sebanyak 62 persen dan sisanya terdiri dari koperasi konsumen, koperasi jasa dan koperasi pemasaran. “Kebanyakan koperasi yang ada di kota Depok sekarang ini berjenis koperasi simpan pinjam,” katanya.(Izl)

[ Andriidaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)