Kadisdik Depok Pantau Kinerja Pengelola Sekolah

Kadisdik Depok Pantau Kinerja Pengelola Sekolah

HarianDepok.com – Berita , Upaya pihak Dinas Pendidikan (Disdik) kota Depok dalam meningkatkan kualitas unit pelayanan masyarakat yang bergerak di bidang pendidikan pada beberapa waktu lalu telah melakukan kegiatan inspeksi mendadak ke sejumlah sekolah yang ada di wilayah kota Depok yang bertujuan untuk melihat secara langsung pelaksanaan belajar mengajar di sekolah tersebut tanpa diketahui oleh pihak sekolah yang dituju.

Selain bertujuan untuk melihat kegiatan belajar mengajar, kegiatan sidak kali ini juga dimaksudkan untuk menilai kinerja sekolah tanpa harus melihat dari laporan masyarakat maupun pihak tenaga pengajar yang ada.

Ada kegiatan yang menarik ketika Sidak dilakukan yaitu adanya sumbangan dari kantong pribadi tim sidak kepada siswa siswi yang tidak mampu membayar SPP yang juga tidak diketahui oleh pihak pengelola sekolah. Hal tersebut diakui dilakukan oleh adanya gerakan hati untuk membantu mereka yang kesulitan khususnya untuk mendapatkan pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) kota Depok, Herry Pansila mengatakan bahwa kegiatan inspeksi mendadak yang dilaksanakan pada beberapa hari yang lalu tersebut dimaksudkannya agar kinerja seluruh petugas pengelola sekolah yang ada di wilayah kota Depok dapat lebih maksimal dan berorientasi kepada asupan pendidikan kepada para pelajar.

“Sidak yang kami lakukan kali ini bertujuan untuk melihat secara langsung pendidikan dan lingkungan sekolah sehingga kinerja para pengelola sekolah dapat dievaluasi tanpa harus mendapatkan laporan dari masyarakat maupun tenaga pengajar lainnya,” tuturnya, Sabtu (04/06/2016).

Dari hasil kegiatan sidak yang dilakukannya semenjak dirinya menjabat sebagai Kadisdik kota Depok tiga tahun belakangan ini banyak sekali saran, masukan dan keluhan yang dilontarkan kepada pihaknya atas sarana dan prasarana pendidikan di kota Depok yang harus didongkrak dan digerakan agar dapat terwujudkan dunia pendidikan yang berkualitas.

“Kita harus mampu mewujudkan siswa siswi yang berprestasi baik itu di tingkatan kota sampai dengan di tingkatan internasional sehingga Sumber Daya Manusia (SDM) yang kita miliki sekarang ini dapat bersaing dengan SDM dari luaran,” katanya.

Dari hasil pantauan awak media pada saat kegiatan Sidak dilakukan oleh pihak Disdik kota Depok pada beberapa hari lalu, Herry ikut turun kelapangan dengan tidak menggunakan pakaian dinasnya hanya mengenakan celana hitam, atasan putih dan topi agar sosoknya tidak diketahui oleh pihak pengelola sekolah. Hal tersebut sengaja dilakukannya agar dapat secara jelas melihat dunia pendidikan yang ada tanpa adanya rekayasa dari pihak manapun.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: