Distarkim dan Satpol PP Depok Tertibkan Lapak Pedagang di Kawasan Proyek Pembangunan Pasar Cisalak

Distarkim dan Satpol PP Depok Tertibkan Lapak Pedagang di Kawasan Proyek Pembangunan Pasar Cisalak

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) kota Depok belum lama ini telah melakukan kegiatan pemagaran di wilayah pembangunan gedung Pasar Cisalak, Cimanggis, Depok yang dimaksudkan untuk mencegah adanya kegiatan berniaga di kawasan tersebut yang masih dalam tahap pembangunan.

Selain untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, kegiatan tersebut juga dimaksudkan agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat serta menjadi salah satu contoh agar seluruh pihak dapat mengutamakan keselamatan jiwa sehingga terwujudkan kota Depok yang tertib dan aman.

Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) kota DDepok Kania Purwanti mengatakan bahwa kegiatan pemagaran tersebut sengaja dilakukan oleh pihaknya lantaran banyak sekali para pedagang yang tidak mengindahkan keselamatan jiwanya sehingga membuat pihaknya terpaksa melakukan hal tersebut agar menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

“Kegiatan pemagaran yang kami lakukan kali ini bertujuan untuk mengamankan kegiatan pembangunan pasar yang apabila gedung Pasar Cisalak rampung dibangun dapat menjadi salah satu pasar tradisional bernuansa modern yang dimiliki oleh kota Depok dengan luas lahan mencapai 1,8 hektare,” tuturnya, Sabtu (04/06/2016).

Dari penjelasannya bahwa pada proses pembangunan gedung Pasar Cisalak saat ini memang sudah sepatutnya bersih dan aman dari segala macam kegiatan di kawasannya termasuk keberadaan lapak, gerobak, kios dan sejumlah lahan pedagang yang bertahan di sekitar kawasan tersebut sehingga dapat terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan.

Guna menertibkannya, pihak Distarkim kota Depok pun langsung bekerjasama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kota Depok. Puluhan anggota berpakaian lengkap pun langsung terjun kelapangan menertibkan lapak, kios dadakan para pedagang yang berada di sekitar kawasan proyek pembangunan Pasar Cisalak.

Penertiban yang berlangsung lancar dan kondusif tanpa mendapatkan perlawanan dari para pedagang tersebut, petugas berhasil merubuhkan sedikitnya puluhan kios dan lapak dadakan yang berada di sekitar kawasan proyek pembangunan.

Proyek revitalitalisasi Pasar Cisalak yang menelan anggaran pemerintah daerah sebesar 114 miliar rupiah ini apabila telah rampung dibangun, maka tempat tersebut diperkirakan akan dapat menampung sebanyak 1.500 pedagang terbanyak se Jawa Barat. Menurut data yang berhasil dihimpun, jumlah pedagang yang direlokasi.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: