Google Doodle Hari Ini Rayakan Ultah Lotte Reiniger, Siapakah Dia?

Google Doodle Hari Ini Rayakan Ultah Lotte Reiniger, Siapakah Dia?

HarianDepok.com – TechNews , Google Doodle atau halaman utama Google hari ini, Kamis (02/06/2016) dihiasi dengan video animasi pendek berupa siluet seorang perempuan yang menggunting kertas dan menjadikannya berbagai macam obyek. Siapakah perempuan tersebut? Perempuan yang dimaksud adalah Lotte Reiniger. Google membuat doodle khusus yang menggambarkan Reiniger sebagai bentuk penghormatan serta peringatan ulang tahunnya yang ke-117.

Reiniger merupakan salah seorang sutradara film animasi siluet yang pertama, sebelum era Walt Disney. Wanita kelahiran Berlin, Jerman, 2 Juni 1899 itu selama karirnya sudah membuat sekitar 40 judul film animasi siluet. Karakter-karakter film yang ditampilkan dalam animasi Reiniger berasal dari kertas yang digunting-gunting kemudian dimainkan di belakang layar yang diberi penerangan dari belakang, mirip dengan bagaimana cara wayang kulit dipentaskan.

Google Doodle Hari Ini Rayakan Ultah Lotte Reiniger, Siapakah Dia?

Filmnya yang terkenal adalah The Adventures of Prince Achmed (1926) dan Papageno (1935) yang diiringi dengan alunan musik karya Mozart. Seperti yang dikutip kompas.com, film animasi pertama Reiniger berjudul Das Ornament des verliebten Herzens (The Ornament of the Enamoured Heart, 1919) yang berkisah tentang dua kekasih dengan ornamen-ornamen yang menggambarkan perasaan mereka.

Film tersebut mendapat sambutan yang baik. Reiniger kemudian membuat karya-karya film animasi siluet berikutnya. Karena kondisi politik yang bergejolak di Jerman saat itu, Reiniger pindah ke London pada 1945. Di London, ia bertemu dengan Freddie Bloom, direktur National Deaf’s Children Society. Bloom kagum akan kemampuan menggunting kertas dari Reiniger dan memintanya untuk mendesain logo untuk penggalangan dana. Logo itu terus dipakai hingga tahun 1990.

Bersama rekannya, Louis Hagen Jr., Reiniger mendirikan studio film pada 1953 dan menghasilkan belasan film siluet untuk studio TV BBC dan Telecasting America. Reiniger juga menjadi ilustrator buku King Arthur and His Knights of the Round Table karya Roger Lancelyn Green di tahun 1953. Reiniger mendapat penghargaan Filmband in Gold pada tahun 1972, dan Great Cross of the Order of Merit of the Federal Republic of Germany pada 1972 dari pemerintah Jerman. Reiniger meninggal dunia di Dettenhausen, Jerman, 19 Juni 1981, dalam usia 82 tahun.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: