Trik Sederhana Cegah Sarang Laba-laba di Rumah

Trik Sederhana Cegah Sarang Laba-laba di Rumah

HarianDepok.com – Properti , Terkadang pasti Anda dibuat jengah jika melihat sudut atau langit-langit rumah dihiasi oleh sarang laba-laba. Selain tak enak dipandang, sarang laba-laba juga menyebabkan debu sehingga membuat rumah terlihat tampak kotor dan kusam. Yang makin menyebalkan, laba-laba senang membuat sarang di area yang sangat tinggi dan tak tergapai.

Jadi kadang Anda baru menyadari banyaknya sarang bertengger di langit-langit rumah ketika sarang tersebut sudah besar dan banyak. Dikutip dari Rumah.com, selain ruangan di dalam rumah, laba-laba juga hobi membangun sarangnya di antara tanaman rumah Anda. Jika sarang yang dibuatnya semakin erat, berisiko membuat daun tanaman membusuk dan mati. Agar Anda tidak diganggu laba-laba, lakukan trik sederhana berikut ini.

Gunakan aroma terapi

Jangan menganggap manfaat pengharum ruangan, terutama lilin beraroma terapi hanya untuk menenangkan pikiran Anda. Laba-laba dan serangga lainnya cenderung menghindari aroma eucalyptus, citrus, dan aroma kayu manis.

Pasanglah aroma terapi di beberapa sudut ruangan sehingga aromanya menyebar ke penjuru rumah. Jika Anda kurang menyukai aroma terapi, pangganglah kayu manis di dalam microwave selama 1 menit lalu keluarkan dan letakkan di atas meja makan. Aromanya akan menenangkan Anda sekaligus mencegah serangga memasuki rumah.

Miliki hewan peliharaan

Hewan seperti anjing dan kucing selalu mengejar makhluk kecil yang merayap atau bergerak. Mereka akan mencari berbagai cara untuk menangkap laba-laba, belalang, atau cicak yang ada di rumah Anda. Hasilnya, laba-laba akan berkurang atau bahkan enggan masuk ke dalam rumah.

Siram setiap hari

Saat musim kemarau, jangan malas menyiram tanaman Anda dengan air mengalir, misalnya menggunakan selang yang disambungkan ke keran air yang cukup deras. Sirami tanaman secara detail hingga sela-sela batang dan daunnya. Terpaan air akan membuat sarang laba-laba hanyut. Bukan hanya itu, laba-laba akan susah menempelkan sarangnya pada daun atau batang yang basah.

Kurangi penerangan

Semut dan serangga lainnya yang menjadi makanan utama laba-laba menyukai ruangan yang terang. Mereka akan mencari sumber cahaya dan menjadikan tempat itu sebagai salah satu tempat tinggalnya.

Matikan lampu yang tidak Anda gunakan agar semut tidak mencari ruangan itu. Jika tak ada serangga kecil di sekitarnya, laba-laba tak akan betah berada di ruangan rumah Anda.

Tambahkan insektisida

Jangan hanya menyemprotkan obat nyamuk atau insektisida lainnya di kolong lemari atau tempat tidur. Semprotkan insektisida di sela-sela pintu dan sudut ruangan untuk mencegah laba-laba masuk. Jika cara ini tidak berhasil, Anda bisa menggunakan jasa pembersih rumah dan hama untuk melenyapkan serangga di dalam rumah Anda.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok