Satlantas Polresta Depok Utamakan 3S dan 3P dalam Bertugas

Satlantas Polresta Depok Utamakan 3S dan 3P dalam Bertugas

HarianDepok.com – Berita , Banyaknya sikap para pengendara yang acuh tidak acuh terhadap para petugas kepolisian lalu lintas di wilayah kota Depok sampai dengan saat ini diduga diakibatkan oleh kurangnya pendekatan antara masyarakat dengan petugas kepolisian sehingga menimbulkan adanya kekakuan diantara keduanya.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Depok, Komisaris Polisi Sutomo menginstruksikan kepada seluruh anggotanya agar selalu berpatokan kepada 3S yang diantaranya adalah Senyum, Sapa dan Salam sehingga dapat mempererat jalinan antara masyarakat dengan petugas di jalan maupun di lingkungan sekitar.

Aksi 3S yang diinstruksikannya tersebut juga dilakukan lantaran akan adanya peristiwa kekerasan terhadap salah seorang petugas kepolisian di kawasan kota Jakarta oleh pengendara kendaraan lantaran kesal ditilang oleh petugas. Oleh sebab itulah, hal tersebu dijadikannya sebagai bahan pelajaran membangun citra petugas agar lebih baik lagi khususnya pada saat bertugas.

“Anggota kami yang bertugas dilapangan maupun yang berada di kantor harus mengacu kepada 3S yaitu Senyum, Sapa dan Salam. Dengan begitu baik pengendara yang akan ditindak tegas untuk ditilang maupun masyarkat yang ingin mengurus sejumlah dokumen akan lebih kooperatif dan tidak terlihat arogan,” tuturnya kepada awak media Pos Kota, Minggu (29/05/2016).

Selain diwajibkan untuk selalu mendahulukan 3S dalam bertugas, setiap anggota pun juga harus memperhatikan pedoman dan dasar bertugas yang sesuai dengan Prosedural, Prosesional dan Proporsional (3P). Sehingga dengan adanya 3S dan 3P tersebut dapat membawa petugas bekerja lebih baik tanpa mengesampingkan kebutuhan masyarakat.

“Ini maksudnya yaitu tugas yang didasari oleh prosedur yang berlaku, profesional dalam bertugas menjaga dan menertibkan pengendara sesuai hukum dan undang undang yang berlaku, proporsional dalam beretika dalam menindak para pelanggar sehingga terjalin komunikasi yang baik diantara kedua pihak,” paparnya.

Ia pun juga menegaskan, apabila ada anggotanya yang kedapatan bersikap arogan dalam menjalankan tugasnya dilapangan, masyarakat dapat segera melaporkan hal tersebut ke Sanlantas Polresta Depok agar dapat ditindaklanjuti oleh pihak terkait dengan diberikan sanksi tegas.

“Ya, silakan laporkan apabila ada petugas yang memang menjalankan tugasnya dengan sikap arogan kepada kami agar dapat kami tindak lanjuti permasalahannya. Apabila memang anggota kami terbukti melanggar hal tersebut maka sanksi tegas akan dibebankan kepada mereka yang melanggar,” tandasnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)