Kadisdik Depok Gelar Rapat Terkait Permasalahan di Sektor Pendidikan

Kadisdik Depok, Pendidikan di Depok, Berita Depok

HarianDepok.com , Pada beberapa hari yang lalu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Herry Pansila mengaku telah mengumpulkan sejumlah Kepala Sekolah (Kepsek) yang ada di kota Depok untuk menyetujui dan menandatangani pakta integritas dengan tujuan agar dapat mengajak mereka untuk lebih serius menciptakan birokrasi yang bersih.

Kesepakatan yang dilangsungkan di Hotel Bumi Wiyata, Depok pada Rabu kemarin, disaksikan juga oleh ombudsman RI dan Walikota Depok, Idris Abdul Shomad yang berjalan dengan serius, formal dan lancar ini membahas tentang upaya pencegahan dan penyimpangan administrasi yang kerap terjadi pada saat penerimaan peserta anak didik baru diselenggarakan.

“Komitmen yang kami selenggarakan kali ini bekerjasama dengan ombudsman RI untuk ikut mendampingi kami mengawasi ASN agar tidak melakukan penyimpangan publik atau biasa dikenal dengan maladministrasi yang kerap terjadi pada saat diselenggarakannya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dimana jumlahnya cukup besar,” tuturnya, Sabtu (28/05/2016).

Herry mengharapkan agar dalam penandatanganan ini bukan hanya sebagai seremonial saja, namun harus dapat menjadi satu dorongan untuk mencegah terjadinya korupsi atau tindakan gratifikasi sehingga tercipta pelayanan dan kinerja yang baik untuk mendukung kebutuhan masyarakat khususnya di bidang pendidikan.

”Kami ingin semangat memajukan pendidikan di Kota Depok serta meningkatkan kinerja pelayanan publik. Kami akan terus lakukan evaluasi dengan didampingi inspektorat juga, jadi ada tim khusus terutama untuk mengawasi pelaksanaan PPDB,” ucap dia.

Sementara itu, Walikota Depok, Idris Abdul Shomad mengatakan bahwa untuk pelaksanaan PPDB kedepannya harus berjalan dengan lancar dan baik serta merujuk kepada aturan dan syarat yang diberlakukan oleh Pemkot Depok dengan tujuan agar dapat menghindari tindak kecurangan ataupun tundakan negatif yang lainnya.

“Saya tegaskan bahwa jangan ada lagi kegiatan titip menitip siswa dan jangan pernah sekali kali ada pungli di sekolah. Bagi yang melanggar akan kami beri tindakan tegas dan pidana sesuai dengan kesalahan yang dibuatnya. Sedangkan untuk masyarakat sendiri, jangan pernah mencoba coba memberikan sesuatu dalam bentuk apapun kepada pihak sekolah, karena itu perbuatan menyuap dan bisa dipidanakan,” tandasnya.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: