Penderita HIV AIDS di Depok Diperkirakan Sudah Berjumlah 600 Orang

Penderita HIV AIDS di Depok Diperkirakan Sudah Berjumlah 600 Orang

HarianDepok.com – Berita , Banyaknya penderita HIV AIDS di wilayah kota Depok yang saat ini sudah berjumlah diperkirakan sebanyak 600 orang menjadi salah satu permasalahan yang harus segera ditanggulangi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok secepatnya dengan menggunakan Peraturan Daerah (Perda) Sehingga diharapkan dapat menekan jumlah penderita penyakit mematikan tersebut.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Sekretaris 2 Komisi Perlindungan AIDS (KPA) Kota Depok, Wimbow Asmoro yang menyatakan akan berupaya semaksimal mungkin membantu mengatasi permasalahan tersebut dalam Ngariung di Malam Renungan AIDS Nusantara (MRAN) 2016 di Terminal Depok, Pancoran Mas pekan lalu.

Dari penuturannya, sejak KPA kota Depok dibentuk dan diresmikan tercatat penderita HIV di Depok sudah berjumlah sebanyak 300 orang. Namun, sampai dengan saat ini, tercatat sudah sebanyak 600 orang penderita HIV AIDS. Hal tersebutlah yang menjadi perhatian pihaknya dalam mencegah merebaknya penyakit berbahaya tersebut.

“Upaya kami dalam mengatasi permasalahan tersebut salah satunya adalah dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait penyakit HIV AIDS. Insya Allah untuk penerapannya akan terua ditingkatkan dengan mengajak seluruh pihak terkait guna mengatasinya. Hingga kini sudah ada SK nya,” tuturnya, Sabtu (28/06/2016).

Ia menjelaskam bahwa virus HIV yang menggerogoti sistem kekebalan tubuh, sedangkan AIDS adalah sindromnya yang terjadi setelah sekian tahun. Guna mencegah dan mengatasi permasalahan tersebut, pihaknya mengaku telah melibatkan masyarakat dan memberdayakannya dengan melibatkan juga tokoh alim ulama di masing masing wilayah.

Sementara itu, pihak Pemkot Depok pun dalam mengatasi permasalahan tersebut melalui SKPD nya Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok sejak beberapa tahun lalu hingga kini terus berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membebaskan para penderita HIV AIDS yang berobat ke Puskesmas dan lembaga kesehatan yang ditunjuk.

Tak hanya itu saja, pemberian pemahaman dan sosialisasi HIV AIDS ke kalangan masyarakat pun juga kerap dilakukan oleh Pemkot Depok dengan harapan masyarakat dapat memiliki pengetahuan lebih terkait penyakit berbahaya tersebut. Namun yang sangat disayangkan hingga kini, hanya beberapa saja penderita HIV AIDS yang bersedia untuk berkonsultasi dan berobat.

Oleh sebab itu, Pemkot Depok pun berharap akan adanya partisipasi dan kerjasama dari penderita, masyarakat untuk mengatasi permasalahan penyakit mematikan tersebut agar lebih optimal lagi penanganannya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)