RPJMD Depok Direncanakan Akan Segera Disahkan

RPJMD Depok Direncanakan Akan Segera Disahkan

HarianDepok.com – Berita , Guna memaksimalkan alat transportasi bus TransJakarta dapat digunakan dan dijalankan di kota Depok, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menjajaki komunikasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dikarenakan banyaknya kebutuhan alat transportasi massal alternatif yang dibutuhkan guna menunjang aktivitas perekonomian kota.

Transportasi tersebut diperkirakan dapat menjadi alat transportasi alternatif selain Kereta Api Listrik (KRL) yang kerap digunakan oleh warga kota Depok sehari hari untuk beraktivitas.

Maka daripada itulah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Depok meminta kepada Walikota dan Wakil Walikota Depok khususnya Dinas Perhubungan agar dapat memasukan pembenahan sistem transportasi yang ada ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) yang nantinya akan disahkan dalam jangka waktu enam bulan setelah diresmikannya pemimpin kota.

“Saat ini, pihak kami sedang susun RPJMD yang dimulai dari perencanaannya. Transjakarta atau APTB harus masuk dalam intelejen transportasi sistem,” ungkap Anggota DPRD Depok dari Partai Demokrat Edi Sitorus, Kamis (26/05/2016).

Edi menjelaskan, nantinya sistem transportasi yang rencananya akan dibuat berbasis Informasi dan Teknologi (IT) akan dikendalikan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) dengan harapan dapat memaksimalkan pelayanan di moda transportasi TransJakarta maupun APTB kepada masyarakat.

Agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengguna Transjakarta dan APTB, direncanakannya juga akan menambah CCTV di sejumlah titik di wilayah kota Depok yang terkoneksi langsung dengan pihak kepolisian kota Depok sehingga apabila ada tindak kejahatan maupun kemacetan dapat segera diatasi oleh pihak terkait.

Edi juga mengungkapkan bahwa RPJMD yang nantinya akan disahkan oleh Walikota dan Wakil Walikota Depok harus terukur dan terarah serta berdampak kepada apa yang diinginkan oleh masyarakat yang kini masih mengharapkan akan adanya transportasi massal yang aman, nyaman dan tepat waktu.

“Menurut kami, sistem transportasi seperti ini amatlah penting untuk memenuhi kebutuhan pelayanan angkutan umum di kota Depok yang dimana jumlah penduduknya sudah melebihi 2 juta jiwa dan lebih memilih KRL ketimbang alat transportasi lainnya dikarenakan oleh faktor ketepatan mencapai tujuan,” tukasnya.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: