Hujan Cuma 30 Menit, Depok Terendam Banjir

Hujan Cuma 30 Menit, Depok Terendam Banjir

HarianDepok.com – Berita , Curah hujan yang lumayan cukup besar namun hanya berdurasi selama hampir 30 menit yang terjadi di wilayah kota Depok pada Senin 23 Mei 2016 kemarin sore, mengakibatkan sejumlah jalan utama kota dan beberapa titik lokasi terendam. Hal ini bukan saja diakibatkan oleh air hujan yang turun membasahi kota Depok, namun lebih disebabkan oleh banyaknya saluran pembuangan yang tersumbat oleh sampah.

Keadaan tersebut diiyakan oleh sejumlah warga kota Depok yang mengaku kerap kali lingkungan tempat tinggalnya terendam akibat banyaknya orang yang membuang sampah sembarangan di saluran tempat pembuangan air. “Ngak perlu ditanya masalah sampah atau lumpur yang menutupi saluran air di wilayah ini soalnya sudah bukan cerita baru lagi soal banjir atau sumbatan sampah sehingga air tak mengalir lancar,” kata Dudung, warga Pancoran Mas, Depok, belum lama ini.

Ia menyatakan bahwa tempat tersebut sudah biasa menjadi langganan banjir sehingga membuat sejumlah penguna jalan merasa kesulitan untuk melintasi kawasan tersebut. “Hujan tak seberapa tapi badan jalan pasti tergenang dan kebanjiran akibat saluran air tersumbat sampah,” tuturnya kesal.

Sementara itu, Udin salah satu warga Saung Telaga, Depok yang sempat diwawancarai oleh awak media mengaku sudah kerap kali meminta kepada instansi pemerintah terkait agar dapat menanggulangi tersumbatnya saluran air yang diakibatkan oleh sisa sampah yang dibuang sembarangan oleh orang tak bertanggung jawab, namun sampai dengan saat ini permohonannya masih belum mendapatkan respon dari pemerintah.

Ia mengungkapkan sebelum diterpa oleh hujan, saluran di kawasan tersebut juga sudah penuh dan meluap, apalagi ditambah dengan curah hujan yang cukup lebat membuat lingkungan sekitarnya terendam banjir. “Pemerintah kota Depok terkesan kurang memperhatikan masalah ini. Tolong di tindaklanjuti,” ungkapnya.

Di lain pihak, salah satu petugas perbaikan jalan dan saluran air dari Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Depok, Duddy mengakui bahwq sampah dan endapan lumpur yang ada di saluran tersebut memang cukup padat sehingga berpotensi besar menimbulkan luapan dan banjir hingga ke pemukiman sekitar.

“Untuk dapat menangani permasalahan banjir di daerah ini seharusnya saluran yang ada diperbaiki dan dinormalisasi sehingga air dapat tertampung lebih banyak dan juga mengalir dengan lancar,” tutupnya.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: