Operasi Patuh Jaya di Depok Berhasil Menjaring 1.719 Pelanggar

Operasi Patuh Jaya di Depok Berhasil Menjaring 1.719 Pelanggar

HarianDepok.com – Berita , Aparat kepolisian kota Depok khususnya di Satuan Lalu Lintasnya saat ini telah mencatat sejumlah pelanggaran dalam berlalu lintas yang dilakukan oleh para pengendara sepeda motor yang terjaring pada saat dilaksanakannya Operasi Patuh Jaya. Bahkan untuk memberikan efek jera kepada pelanggar tersebut khususnya para pelajar yang melanggar lalu lintas diwajibkan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Depok, Komisaris Sutomo mengatakan, selama kegiatan Operasi Patuh Jaya 2016 dilaksanakan selama lima hari, puluhan pelajar terjaring di operasi tersebut yang dimana didominasi oleh belum adanya kepemilikan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Meski terjaring di operasi tersebut, kebanyakan dari kaum pelajar tidak ditilang melainkan diberikan hukuman menyanyikan lagu kebangsaan dan lagu nasional lainnya dengan harapan dapat membangun karakter dan mental generasi yang baik dan juga mampu merubah perilaku negatif.

“Mereka yang terjaring, dihukum menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu nasional lainnya,” tuturnya kepada awak media, Selasa (24/05/2016).

Namun, bagi para pelajar yang tertangkap tangan tidak membawa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), pihaknya tetap menindak tegas dengan menahan sepeda motor sampai mereka bisa menunjukkan dokumen kelengkapan kendaraannya kepada petugas terkait. Hal ini dilakukan guna mencegah adanya motor bodong alias motor tanpa dokumen resmi.

Banyaknya pelanggaran yang dilakukan oleh kaum pelajar memaksanya untuk menginstruksikan kepada seluruh orang tua, agar selalu memperhatikan anak anaknya khususnya dalam menggunakan kendaraan di jalan yang harus dilengkapi oleh dokumen kelengkapan, baik itu SIM maupun STNK.

“Kepada seluruh orang tua, kami harapkan agar tidak memberikan anaknya menggunakan sepeda motor ataupun kendaraan lainnya yang masih dibawah umur,” tegasnya.

Dari data yang didapatkan selama kegiataan tersebut dilangsungkan, petugas mencatat sebanyak 1.719 pengendara sepeda motor ditindak tegas yang dimana diantaranya sebanyak 624 tidak memiliki SIM, 1.095 tidak melengkapi dokumen kendaraannya, 177 melawan arus dan 169 pelanggaran marka jalan.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)