Kuota Haji Untuk Wilayah Kota Depok di Tahun 2016 Ini Sebanyak 1.293 Orang

Kuota Haji Untuk Wilayah Kota Depok di Tahun 2016 Ini Sebanyak 1.293 Orang

HarianDepok.com – Berita , Guna mengantisipasi akan datangnya musim haji di tahun 2016 ini, pihak Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok bersama sama dengan pihak Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Depok terus berupaya melakukan kegiatan pemberian vaksinasi meningitis kepada sejumlah calon jamaah haji yang berasal dari seluruh wilayah kota Depok.

Meski upaya tersebut terus dilakukan namun pihak Kemenag mengaku belum mengetahui secara pasti berapa banyak jumlah kloter jamaah haji asal kota Depok yang akan diberangkatkan pada tahun ini.

Menyikapi akan hal tersebut, Kasi Penyelenggara Haji Kemenag kota Depok, Hasan Basri mengatakan bahwa secara nasional, kloter pertama yang akan diberangkatkan oleh pemerintah menuju tanah suci Mekkah yaitu dilaksanakan pada 09 Agustus 2016 mendatang.

“Sampai dengan saat ini penentuan kloter, keberangkatan dan kepulangan jemaah haji untuk wilayah kota Depok masih belum kami ketahui. Ini dikarenakan oleh adanya pengocokan jumlah haji oleh pihak Kanwil Provinsi Jawa Barat,” tuturnya kepada awak media, Minggu (22/05/2016).

Ia menjelaskan, bahwa untuk kuota haji yang diberikan kepada kota Depok di tahun ini sebanyak 1.293 jemaah. Meski telah mengetahui jumlah kuota jemaah haji untuk wilayah kota Depok, namun dirinya belum mengetahui secara jelas dibagi berapa kloter nantinya jemaah haji nanti. Namun, dirinya mengatakan bahwa di tahun lalu untuk kota Depok dibagi menjadi lima kloter.

“Untuk satu kloter terdapat 450 jemaah haji, itupun tidak sepenuhnya berasal dari kota Depok saja melainkan campuran dari kota dan kabupaten lainnya,” jelasnya.

Agar pelaksanaan haji di tahun ini dapat berjalan dengan baik, Hasan mengatakan agar para calon jemaah haji dapat mempersiapkan diri baik fisik maupun mental sehingga siap pada pelaksanaan haji di tanah suci nanti. Selain menghimbau agar seluruh calon jemaah haji siap untuk hal tersebut, Hasan pun menegaskan kepada para calon jemaah haji agar dapat segera melunasi biaya administrasinya.

Untuk pelunasan biaya haji akan dimulai sejak 19 Mei hingga 10 Juni 2016 untuk tahapan pertama dan untuk tahapan kedua akan dimulai dari 20 hingga 30 Juni 2016. Oleh karena itu dirinya menekankan agar para calon haji dapat segera menunaikan kewajibannya sebelum keberangkatan nanti. “Yang jelas para calon jemaah haji yang akan diberangkatkan di tahun ini harus melunasi biaya administrasinya,” tutupnya.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: