7 Orang Tewas Terkena Awan Panas Gunung Sinabung

7 Orang Tewas Terkena Awan Panas Gunung Sinabung

HarianDepok.com – Berita – Nasional ,  Korban jiwa kembali berjatuhan akibat awan panas dari letusan Gunung Sinabung. Berdasarkan data sementara dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPBD) Karo, seperti yang dikutip Liputan6.com, total ada 9 orang yang terlanda awan panas, 7 di antaranya meninggal dunia.

“Semua korban merupakan warga Desa Gamber Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo yang berada di zona merah ketika kejadian Gunung Sinabung meletus disertai luncuran awan panas pada Sabtu (21/05/2016) pukul 16.48 WIB,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis, Senin (23/06/2016), seperti yang dilansir Liputan6.com.

Sutopo mengungkapkan, 7 korban tewas adalah Irwansyah Sembiring (17), Karman Milala (60), Nantin Br. Sitepu (54), Ngulik Ginting, Leo Perangin-angin, Ibrahim Sembiring dan Ersada Ginting. Sementara 2 orang kritis dengan luka bakar akibat diterpa awan panas bersuhu 700 derajat celcius, yaitu Cahaya br Tarigan (45) dan Cahaya Sembiring (75).

Berdasarkan laporan yang dikutip Liputan6.com, tim SAR gabungan dari TNI, Polri, Basarnas, BPBD, PMI, relawan dan masyarakat terus melakukan pencarian korban dengan menyisir rumah dan kebun. Sampai saat ini, belum diketahui jumlah pasti warga desa Gamber yang menjadi korban awan panas Gunung Sinabung.

“Harusnya tidak ada aktivitas masyarakat. Akan tetapi sebagian masyarakat tetap nekat berkebun dan tinggal sementara waktu sambil mengolah kebun dan ladangnya,” pungkas Sutopo. Walau sudah ada larangan, namun faktor ekonomi menjadi alasan sebagian warga masih saja memasuki area Desa Gember, bahkan ketika awan panas Gunung Sinabung tengah melanda.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok