Entaskan Pengangguran di Depok, Pemerintah Setempat Gelar Job Fair

Entaskan Pengangguran di Depok, Pemerintah Setempat Gelar Job Fair

HarianDepok.com – Usainya pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di wilayah kota Depok menjadi salah satu peristiwa yang wajib diperhatikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam memenuhi kebutuhan masyarakatnya yaitu pekerjaan yang menjadi prioritas para pelajar menengah keatas untuk berkarir.

Terbatasnya lowongan pekerjaan dan terus menerusnya jumlah lulusan sekolah dan universitas di kota Depok menjadi polemik yang hingga kini masih terus diselesaikan permasalahannya oleh pemerintah setempat. Salah satu upaya mereka dalam menangani permasalahan tersebut dengan cara membuka Job Fair yang diselenggarakan di Depok Town Square pada 18 hingga 19 Mei 2016.

Adanya penyelenggaraan Job Fair di tahun 2016 ini, disikapi antusias oleh ribuan warga kota Depok khususnya para lulusan baru yang mencoba mencari peruntungan di 50 perusahaan yang ada di kegiatan tersebut. Meski banyak yang mengaku terbantu dengan adanya penyelenggaraan Job Fair di tahun ini, ada juga yang menyatakan kekecewaannya terhadap program yang dilakukan oleh pihak terkait.

Beberapa hal yang amat sangat disayangkan oleh para pencari kerja terhadap Job Fair di kota Depok periode tahun 2016 diantaranta adalah kurangnya waktu penyelenggaraan Job Fair yang hanya dilakukan selama dua hari saja. Waktu tersebut dianggapnya kurang dikarenakan banyaknya persiapan dan persyaratan yang harus dipersiapkan untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

“Bagusnya sih jangan cuma dua hari saja, kalau bisa ya seminggu lah, baru pas buat semua masyarakat untuk mempersiapkan apa yang harus dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan yang diidam idamkannya. Menurut saya dua hari di penyelenggaraan Job Fair kali ini amat terasa sangat cepat sekali, jadi sudah tidak ada waktu lagi untuk para pencari kerja mempersiapkan syarat dan kebutuhan lainnya,” tutur Hendrik, salah seorang warga sekaligus pencari kerja.

Dari pengakuannya, Job Fair yang dilangsungkan oleh pihak Pemkot Depok beserta dengan pihak terkait dianggapnya kurang disosialisasikan dengan baik, pasalnya hingga usainya diselenggarakan Job Fair tersebut, masih banyak warga lingkungan tempat tinggalnya yang belum mengetahui adanya kegiatan Job Fair di tahun ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Depok, Diah Sadiah mengatakan, Job Fair yang diselenggarakan pada tahun 2016 ini selama dua hari diikuti oleh 50 perusahaan dengan formasi pencari pekerjaan untuk jenjang SLTP sebanyak 183 orang, SLTA 1.983 orang D3 dan D4 sebanyak 1.234 orang serta S1 sebanyak 1.915 orang.

Dari penjelasannya tersebut, Diah memperkirakan akan dapat menekan jumlah pengangguran di wilayah kota Depok sebanyaj dua persen per tahunnya. Walaupun belum memperoleh hasil yang diinginkan, namun dengan dijalankan program seperti ini diharapkannya mampu meningkatkan kesejahteraan warga kota Depok minimal dapat memberikan kesempatan kepada warga kota Depok untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.(Izl)

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok