Jalan Margonda Raya Depok Kian Hari Makin Semrawut

Jalan Margonda Raya Depok Kian Hari Makin Semrawut

HarianDepok.com – Berita , Berbagai upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam mewujudkan kotanya agar terbebas dari kemacetan yang tinggi terus mengalami kendala di dalam penerapannya dilapangan. Salah satu contoh nyatanya adalah adanya pagar pengaman pembatas jalur yang sengaja dipasang di sepanjang Jalan Margonda Raya yang terkendala oleh masih belum dimanfaatkan dengan maksimal oleh para pengguna jalan.

Seperti halnya angkutan kota yang seharusnya menempuh jalur tersebut dengan maksud mempermudah para penumpang naik dan terhindar dari resiko kecelakaan lalu lintas yang masih dengan seenaknya menaikan penumpang di jalur lainnya. Selain membahayakan para calon penumpang, hal tersebut juga menjadi salah satu penyumbang kemacetan terbesar di kota Depok.

“Percuma aja ada pembatas jalan kayak gitu, lah angkutan umum aja masih seenaknya make jalur sana sini buat naik turunin penumpang. Nah kalo ada petugas, baru deh tuh pada tertib, udah penyakit lama ini mah,” tutur Septian, warga kota Depok yang berprofesi sebagai karyawan di salah satu pusat perbelanjaan di kota Depok, Kamis (19/05/2016).

Dari pengakuannya tersebut, tidak hanya dirasakan oleh dirinya saja melainkan banyak lagi yang sudah mengetahui hal tersebut yang dikatakannya hampir membuat dirinya tersambar oleh kendaraan yang melintas akibat angkot yang ditumpanginya berhenti mendadak dan sembarangan dengan bebas.

Lain lagi ceritanya kalau ada petugas dilokasi, semua angkot yang ada mendadak tertib dalam berlalu lintas. Inilah yang disesalkan olehnya sampai dengan saat ini yang dimana kualitas pelayanan transportasi massal di Indonesia masih dianggapnya kurang memenuhi kriteria yaitu kenyamanan, keamanan dan ketepatan.

Maka daripada itu, Septian mengharapkan kepada instansi terkait agar dapat memperbaiki fasilitas sarana angkutan umum kota agar dapat digunakan oleh masyarakat kota Depok lebih nnyaman tidak khawatir akan keselamatan dirinya dalam menggunakan fasilitas tersebut dan yang terpenting lagi adalah tepatnya waktu kedatangan pemberangkatan dan waktu sampai tujuan. Itulah yang menjadi harapannya untuk Angkutan massal di Indonesia.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Gandara Budiana mengatakan bahwa pihaknya sampai dengan saat ini akan terus berupaya semaksimal mungkin dalam mencegah terjadinya pelanggaran terhadap angkutan kota saat ini seperti memasang beberapa rambu rambu lalu lintas dan memasang pagar besi agar angkot tidak berhenti sembarangan.

Selain melakukan hal tersebut, Gandara juga mengaku akan menerjunkan sejumlah petugasnya untuk terus mengawasi kawaaan tersebut terhadap pelanggaran lalu lintas yang dilalkukan oleh beberapa sopir angkutan umum nakal. Apabila terbukti melanggar, Gandaria menegaskan akan menindak tegas angkutan umum yang melalaikan dan tidak mematuhi rambu rambu lalu lintas.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: