Jumlah RTLH di Depok Diklaim Semakin Menurun

Jumlah RTLH di Depok Diklaim Semakin Menurun

HarianDepok.com – Berita , Pengentasan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang telah berjalan sejak kursi pimpinan kota Depok dipegang oleh Nur Mahmudi Ismail pada beberapa tahun silam, hingga kini programnya masih terus dijalankan dan diupayakan akan dapat terselesaikan hingga beberapa tahun kedepan. RTLH yang hingga 2016 ini jumlahnya menyusut terus berkurang hingga kurang dari 1.000 menjadi salah satu hal yang amat diperhatikan guna menjadikan kota Depok menjadi lebih baik.

Walikota Depok, Idris Abdul Shomad mengatakan bahwa pihaknya sampai dengan saat ini akan terus berupaya mengurangi kawasan RTLH semaksimal mungkin sehingga terwujudkan kota Depok yang sejahtera, bersih dan layak huni. “Di setiap tahunnya, selalu ada RTLH yang diperbaiki dan direnovasi sehingga layak untuk dihuni. Kami bersama sama akan terus berupaya mengurangi kawasan kumuh di Depok,” katanya, Rabu (18/05/2016).

Beberapa penerapan pengentasan RTLH yang dilakukan saat ini diberdayakan melalui sejumlah jalur yang salah satunya melalji program Tentara Manunggak Membangun Desa (TMMD) yang saat ini dijalankan di Kecamatan Bojong Sari. Dalam penerapan kegiatan tersebut dilapangan, sebanyak lima RTLH menjadi sasaran progean tersebut untuk diperbaiki.

Idris dalam menjalankan progean pengentasan RTLH yang berada di wilayah kota Depok saat ini diklaimnya telah mengalami penurunan jumlah yang diakuinya hanya tinggal 1.000 RTLH lagi saja yang memerlukan untuk diperbaiki. Meski demikian, Idris mengaku tidak bisa melakukan pengentasan secara keseluruhan, namun akan dilakukan secara bertahap.

“Kami akan terus berupaya semampu kami agar kota Depok tidak ada lagi RTLH secepat mungkin, namun mengingat akan adanya keterbatasan dana dan kebutuhan lainnya yang harus dijalankan, maka untuk pemberdayaan programnya ini dilakukan secara bertahap dan tidak sekaligus,” paparnya.

Adanya keterbatasan dana dan biaya yang dimiliki oleh Pemkot Depok saat ini, tidak menyurutkan Idris untuk berupaya membebaskan wilayah kota Depok dari RTLH yang diperkirakannya akan segera rampung dilaksanakan dalam tiga tahun kedepan.

“Kalau pertumbuhan ekonomi kota terus meningkat dan diimbangi oleh pendapatan para buruh yang juga sama, saya yakin bahwa hingga tiga tahun kedepan program RTLH yang ada dapat terselesaikan dengan baik. Itupun apabila tidak bertambahnya orang miskin,” katanya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)