Psikolog Roslina Verauli Bicara Soal Marshanda

Psikolog Roslina Verauli Bicara Soal Marshanda.

HarianDepok.com – Entertaiment – Selebriti , Berbagai spekulasi tentang kasus sampai konflik muncul antara Marshanda dan ibunya, Rianty Sofyan. Selain itu, yang disebut kasus awal terjadi karena Rianty tidak ingin Marshanda hidup terpisah darinya.

Padahal seperti yang diketahui Caca, panggilan akrab Marshanda, telah menikah dengan Ben Kasyafani dan memiliki anak, sehingga menganggapp bintang sinetron BIdadari tersebut telah dewasa. Lalu bagaimana pendapat psikolog mengenai kemandirian dan peran dari orang tua pada anak yang telah dewasa?

Secara umum, psikolog Roslina Verauli melihat usia dewasa menjadi parameter yang berbeda-beda di berbagai negara, seperti yang dikatakan WHO dan Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Ketika SD, dominasi peran orang tua dengan kemandirian anak adalah 50-50. Namun, tidak semua orang tua bersedia untuk melepaskan anak remaja mereka untuk hidup mandiri.

“Sekarang, kapan seorang anak bisa benar-benar mandiri? Kemandirian itu secara bertahap, tidak semua orangtua siap,” kata Roslin.

“Pada usia 20 tahun itu sudah dewasa awal, karena sudah mapan,” katanya.

Ia melanjutkan, masalah dapat terjadi ketika orang tua tetap dalam posisi mereka bahwa anak tetap bersamanya. Stimulus tersebut menjadi lebih kuat dalam keluarga orang tua tunggal.

“Orang tua cenderung menganggap bahwa anak tidak cukup matang atau tidak dapat dipisahkan dari orang tua mereka,” katanya lagi.

Roslin menambahkan bahwa masalah orang tua dan anak dapat diselesaikan. Cara pertama adalah memperbaiki komunikasi dalam keluarga. Mediasi pihak ketiga juga dapat membantu, tetapi harus netral bagi kedua belah pihak.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok