Proyek Revitalisasi Gedung Pasar Cisalak Akan Rampung Pada Maret 2017 Mendatang

Proyek Revitalisasi Gedung Pasar Cisalak Akan Rampung Pada Maret 2017 Mendatang

HarianDepok.com – Berita , Pasar Cisalak yang keberadaannya saat ini masih dalam tahap pembangunan yang diperkirakan rampung pada Maret 2017 mendatang, menjadi harapan baru para pedagang agar barang dagangannya dapat kembali laris dan meningkat sebelum direvitalisasinya gedung pasar yang sempat mendapatkan musibah kebakaran pada beberapa waktu lalu.

Pasar Cisalak yang diketahui sudah beroperasi selama 20 tahun ini menjadi tumpuan hidup ribuan pedagang untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya menjadi alasan kebanyakan pedagang di pasar tersebut yang mengharapkan agar proyek revitalisasi dapat dengan cepat terselesaikan. Menunggu akan rampungnya pembangunan gedung, sebanyak 850 pedagang pun dipindahkan ke tempat penampungan pasar sementara yang belokasi di Jalan Radar Auri, Cimanggis , Depok.

Lahan yang dipinjam oleh pihak Pemkot Depok dari TNI AU ini, menjadi sarana pengganti sementara waktu para pedagang untuk melakukan aktivitasnya berjualan sehari hari. Meski diakui oleh sebagian besar para pedagang dilokasi tersebut pendapatannya menurun, namun harapan besar menjadi semangat mereka menunggu untuk dipindahkan kembali ke pasar Cisalak.

Kepala Suku Bidang Tata Usaha (Kasubag TU) Kota Depok, Budi Haryanto mengatakan semua lahan milik pemerintah yang ada di lokasi pasar Pasar Cisalak telah diratakan dan dibangun kembali untuk diperbaharui keadaannnya. Hal tersebut direncanakan agar dapat merubah kondisi pasar tersebut yang dahulu semrawut menjadi teratur, bersih dan baik sehingga dapat meningkatkan minat para pengunjung untuk berdatangan ke pasar.

“Secara keseluruhan, lahan milik Pemkot Depok diratakan dengan tanah dan dibangun kembali untuk dijadikan tempat pusat perbelanjaan sandang pangan masyarakat kota Depok. Hanya lahan milik Pemkot Depok saja yang diratakan, lahan milik pribadi hingga kini masih terus dimanfaatkan oleh pemiliknya untuk dijadikan sebagai tempat mereka berdagang,” katanya, Senin (16/05/2016).

Perlu diketahui bahwa nantinya gedung pasar yang berdiri sebanyak empat lantai tersebut akan dibuatkan sebanyak 1.155 los dan kios yang diperuntukkan kepada para pedagang khususnya mereka yang saat ini berada di tempat penampungan sementara di kawasan Auri. Dan kepada para pedagang yang mengisi los dan kios nantinya, akan dibebankan biaya sewa sebesar 800 ribu rupiah per meternya.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: