Kepala Disdukcapil Depok Tegaskan Permohonan Penerbitan KIA Gratis

Kepala Disdukcapil Depok Tegaskan Permohonan Penerbitan KIA Gratis

HarianDepok.com – Berita , Atas upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam mewujudkan kesejahteraan anak di wilayahnya saat ini dengan menggalakkan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) telah mendapatkan respon positif dari seluruh masyarakat kota yang mengaku amat terbantu dengan adanya penerbitan KIA tersebut dalam memenuhi kebutuhan anak untuk bersekolah.

Semenjak KIA diresmikan pada periode kepemimpinan Nur Mahmudi Ismail di tahun 2015 lalu, sampai dengan saat ini pemegang KIA semakin bertambah dengan jumlah sementara hasil pendataan hingga Mei 2016 telah berjumlah sebanyak 135.000 peserta. Jumlah tersebut dipastikan akan terus bertambah seiring dengan berkembangnya jumlah penduduk kota Depok yang hingga kini sudah menembus dua juta jiwa.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Depok, Misbahul Munir mengatakan, bahwa penerbitan KIA yang sampai dengan saat ini masih terus dijalankan oleh Pemkot Depok, ditegaskannya sudah menjadi bagian dari program pemerintahan yang baru dengan maksud dapat mewujudkan kota Depok sebagai Kota Layak Anak (KLA).

Selain dimaksudkan untuk tujuan tersebut, KIA yang saat ini terus dijalankan merupakan salah satu program baru yang diluncurkan oleh Walikota Depok, Idris Abdul Shomad yaitu One Hour and One Day Service dimana pada program tersebut diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan yang lebih kepada masyarakat dalam hal kepengurusan identitas kependudukan.

Menyikapi akan adanya program KIA sampai dengan saat ini, Misbahul mengharapkan pada beberapa tahun kedepan, seluruh anak yang ada di kota Depok dapat memiliki KIA yang dijelaskannnya bisa didapatkan hanya dengan mengajukan permohonan pembuatan KIA dan membawa sejumlah persyaratan ke kantor Kelurahan setempat untuk diterbitkan kartu yang dimaksud.

Beberapa syarat yang perlu diperhatikan oleh masyarakat untuk mengajukan permohonan penerbitan KIA saat ini diantaranya adalah membawa Kartu Keluarga, Akte lahir serta anak yang telah memenuhi syarat yang telah ditentukan yaitu harus berusia di bawah 17 tahun dan belum menikah.

Banyak keuntungan yang didapatkan pemegang KIA kedepannya yang diketahui mendapatkan diskon untuk pembelian kebutuhan sekolah dan adanya kemudahan dalam bertransaksi perbankan.selain mendapatkan keringanan dalam pembelian kebutuhan sekolah, para pemegang KIA juga bisa memanfaatkan kartu tersebut untuk hal lainnya yang tidak kalah menarik.

“Banyak manfaat yang didapatkan dari KIA, baik itu mendapatkan kebutuhan sekolah dengan harga yang lebih murah dari harga normalnya sampai dengan pemanfaatan fasilitas yang lain dan tak kalah menariknya. Saya tegaskan, untuk pembuatan KIA masyarakat tidak dipungut biaya apapun, hanya diwajibkan untuk membawa sejumlah dokumen persyaratan yang diperlukan,” tuturnya, Senin (16/05/2016).

Dengan adanya KIA diharapkannya dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan bisa mensejahterakan anak sebagai generasi yang berprestasi dan berwawasan luas sehingga dapat membawa kota Depok ke gerbang kemajuan.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: