Lahan Pertanian di Depok Bakal Dimasukkan Ke Dalam Perda

Lahan Pertanian di Depok Bakal Dimasukkan Ke Dalam Perda

HarianDepok.com – Berita , Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam memenuhi kewajibannya untuk menambahkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di wilayahnya sampai dengan saat ini masih terus dijalankannya dengan menetapkan sejumlah lokasi yang ada di kota Depok tidak diperuntukkan sebagai lahan komersil. Salah satu kondisi tersebut juga dilakukan di zona lahan pertanian yang ada di Depok.

Selain untuk dijadikan sebagai lahan pertanian, zona tersebut juga dimaksudkan sebagai salah satu upaya Pemkot Depok dalam memenuhi jumlah RTH untuk wilayahnya yang baru mencapai 16,33 persennya saja dari total keseluruhan wilayah kota Depok yang seluas 20.029 hektare.

Walikota Depok, Idris Abdul Shomad mengatakan, bahwa sampai dengan saat ini, lahan pertanian yang ada di kota Depok terus terkikis dan menyusut jumlahnya yang diakibatkan oleh banyaknya pembangunan gedung komersil dan perumahan. Oleh sebab itu saat ini pihaknya telah menetapkan agar lahan lahan pertanian yang ada agar tetap dalam kondisinya.

“Lahan pertanian yang kita miliki seluas 529 hektare di 11 Kecamatan se kota Depok ini akan dijadikan sebagai zona pertanian dan akan kami pertahankan keberadaannya untuk digunakan semestinya. Agar lahan tersebut tidak berubah peruntukannya maka kami membuat kebijakan untuk mempertahankan lahan pertanian yang ada ke dalam Perda,” tuturnya, Minggu (16/05/2016).

Selain diperuntukkan sebagai lahan pertanian, tanah seluas 529 hektare tersebut juga akan dimasukkan kedalam Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kota Depok yang rencananya akan usai dipenuhi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok hingga beberapa tahun kedepan. “Kami akan berupaya terus memenuhi jumlah RTH di kota Depok, semoga dalam jangka waktu lima tahun kedepan, sebanyak 30 persen dari total wilayah kota Depok yang diperuntukkan sebagai RTH dapat terpenuhi,” katanya.

Selain memanfaatkan zona pertanian sebagai RTH kota Depok, pihaknya pun mengaku telah menyiapkan dana sebesar 50 miliar rupiah yang diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kota Depok yang diperuntukkan membeli sejumlah bidang tanah untuk dijadikan RTH.

Setelah berhasil mencapai jumlah RTH yang diinginkan nantinya, Pemkot Depok pun berencana akan membangun beberapa taman taman terpadu di 63 Kelurahan se Kota Depok yang dimana untuk satu taman diperkirakan seluas 3.000 meter persegi untuk dimanfaatkan sebagai paru paru kota dan wahana bersantai masyarakat luas.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: