Denny JA Dihadirkan Sebagai Saksi Anas di Pengadilan

Denny JA DIhadirkan Sebagai Saksi Anas di Pengadilan

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Terdakwa kasus korupsi Hambalang Proyek Anas Urbaningrum kembali ke pengadilan di Pengadilan Tipikor Jakarta kemarin. Sidang ini dipimpin oleh Majelis Hakim Ketua Haswandi.

Lima di antara sembilan saksi hadir di pengadilan adalah Direktur Eksekutif Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny Januar Ali, Ruhut Sitompul selaku Politikus Partai Demokrat, Saan Mustopa yang kini menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Lusi Lukitawati selaku Direktur CV Ria Medika, dan Mirwan Amir dari anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Denny JA dihadirkan sebagai saksi setelah disebutkan oleh Muhammad Nazaruddin telah memberikan survei facilty gratis untuk Anas senilai Rp. 478 juta. Saan Mustopa dianggap tahu tentang proyek Hambalang karena ia adalah koordinator untuk memenangkan Anas Urbaningrum di daerah Jawa Barat. Lusi Lukitawati diduga telah menerima fee 18 persen dari Hambalang yang diserahkan oleh PT Adhi Karya kepada Sekretaris Departemen Pendidikan dan Olahraga Wafid Muharram.

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dituduh telah menerima uang sebagai imbalan untuk menangani proyek Hambalang dan proyek di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Kementerian Pendidikan Nasional bersama dengan proyek-proyek lain yang didanai oleh APBN.

Anas dituduh melanggar Pasal 18 Peraturan No.31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan hukuman maksimal 20 tahun.

Hadiah atau janji yang diterima Anas adalah dalam bentuk satu Toyota Harrier senilai Rp670 juta, satu Toyota Vellfire senilai Rp735 juta, uang untuk memenangkan kegiatan survei Anas di  Kongres Partai Demokrat 2010 senilai Rp478,632,230 dan juga uang dalam jumlah Rp116 miliar dan US $ 5.261.070.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)