WHO Umumkan Keadaan Darurat Kesehatan di Afrika

WHO Umumkan Keadaan Darurat Kesehatan di Afrika

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan keadaan darurat kesehatan masyarakat internasional atas penyebaran berkelanjutan dari virus mematikan Ebola yang melanda Afrika Barat.

Keadaan darurat diberlakukan pada Jumat, 9 Agustus 2014, untuk memobilisasi masyarakat internasional guna membantu dalam memerangi penyakit, yang telah merenggut hampir 1.000 korban.

Keputusan untuk menyatakan keadaan darurat kesehatan internasional bagi masyarakat terjadi setelah musyawarah dua hari di Jenewa. Di bawah status baru, larangan perjalanan dapat dikenakan untuk membantu mencegah penyebaran penyakit.

Langkah itu muncul setelah otoritas kesehatan Amerika menegaskan bahwa penyakit ini telah menyebar di luar Afrika. Medecins Sans Frontier (MSF) relawan juga memperingatkan bahwa penyebaran penyakit ini sudah di luar kendali, dengan wabah yang terjadi di lebih dari 60 daerah.

Direktur WHO Dr Margaret Chan menyerukan bantuan internasional yang lebih besar bagi negara-negara yang telah secara signifikan dipengaruhi oleh Ebola, menggambarkan penyakit ini sebagai wabah yang paling serius dalam empat dekade terakhir.

Status keadaan darurat kesehatan berlaku untuk negara-negara Afrika Barat yang secara signifikan dipengaruhi oleh Ebola, termasuk Liberia, Guinea dan Sierra Leone.

Tentara di Mount Provinsi Grand Cape di Liberia, salah satu daerah yang paling parah terkena Ebola, telah menutup jalan untuk membatasi akses ke ibukota, Monrovia, setelah laporan menunjukkan bahwa banyak mayat dibiarkan membusuk tanpa pemakaman yang layak agar tertular penyakit .

Ebola telah menewaskan dua korban jiwa dan terinfeksi setidaknya lima orang lainnya di Lagos, Nigeria.

Data WHO menunjukkan bahwa Ebola telah menyebabkan 932 korban jiwa dan menginfeksi lebih dari 1.700 orang sejak wabah pertama dilaporkan di Guinea di awal tahun.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)