Warga Depok Dihimbau Agar Waspada Terhadap Luapan Air Kali Ciliwung

Warga Depok Dihimbau Agar Waspada Terhadap Luapan Air Kali Ciliwung

HarianDepok.com – Berita , Warga kota Depok dihimbau untuk selalu waspada akan adanya banjir kiriman dari Bogor yang disebabkan oleh meluapnya air di pintu air Katulampa, Bogor karena hujan deras yang terus mengguyur kawasan Provinsi Jawa Barat beberapa hari belakangan ini. Diketahui baru baru ini air di bendungan Katulampa terus meningkat dan saat ini telah berada di ketinggian 100 sentimeter dengan status siaga 3.

Hal tersebut diinformasikan langsung oleh Kepala Pengawas Pintu Air Katulampa, Bogor, Andi Sudirman yang mengatakan bahwa debit air terus mengalami peningkatan sejak pukul 17:00 WIB Senin malam dan hingga saat ini ketinggian air masih terus berada di level 100 sentimeter yang sebelumnya masih di ketinggian 80 sentimeter pada pukul 16:00 WIB.

“Sejak pukul 16:00 WIB ketinggian air masih berada di 80 sentimeter, ketinggian air terus meningkat setiap menitnya hingga berada di 100 sentimeter. Ketinggian air pun masih belum mengalami penurunan hingga saat ini,” tuturnya belum lama ini.

Dari penjelasannya sebanyak 161.000 liter air terus mengalir melewati pintu air Katulampa menuju kota Depok dengan perkiraan tiba di kawasan kota Depok sekitar 8 hingga 9 jam tergantung dari jumlah debit air yang mengalir.

Sementara itu, pengawas Pos Pemantau Panus, Depok, Andi mengatakan bahwa di kota Depok sendiri, jumlah debit air tercatat sudah berada di ketinggian 125 sentimeter yang masih dikategorikan berstatus normal. Meski demikian dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat kota Depok khususnya yang lokasi tempat tinggalnya berdekatan dengan bantaran sungai agar selalu hati hati dan waspada akan adanya curahan air yang bisa mendadak bertambah banyak.

“Untuk cuaca sendiri saat ini kota Bogor khususnya di kawasan puncak masih terus diselimuti awan kelabu. Akan kita koordinasikan terus dengan pihak BMKG dan pengawas pintu air lainnya guna memantau perkembangan ketinggian air di setiap pos pintu air yang ada,” tutupnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)