Di Depok Harga Gas Elpiji Tiga Kilogram Terus Bergejolak

Di Depok Harga Gas Elpiji Tiga Kilogram Terus Bergejolak

HarianDepok.com – Berita , Bergejolaknya harga gas elpiji tiga kilogram di kota Depok belakangan ini langsung mendapatkan perhatian dari pihak Himpunan Pengusaha Minyak dan Gas (Hiswana) Kota Depok yang memperingatkan seluruh pangkalan gas elpiji bersubsidi agar selalu menjualnya sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET).

Perihal tersebut bukan saja menjadi peringatan dari pihak Hiswana saja, melainkan merujuk juga kepada adanya kebijakan yang dikeluarkan oleh Walikota Depok mengenai hal tersebut yang tertuang di SK Walikota Depok No 903/442/Ktps/Disperindag/Huk/2014 yang dimana wajib untuk dipatuhi oleh seluruh pengusaha.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Depok, Agus Suherman mengatakan bahwa untuk penggunaan gas elpiji bersubsidi tiga kilogram merupakan kewenangan pihak Pertamina dalam pemberian subsidi kepada seluruh masyarakat khususnya untuk kalangan menengah kebawah.

“Pihak kami hanya dapat melakukan pengawasan saja terhadap perkembangan atas gas elpiji bersubsidi tiga kilogram agar dapat berjalan dengan baik dan tidak mengalami kekurangan pasokan yang kerap dilakukan oleh sejumlah oknum nakal,” tuturnya, Selasa (10/05/2016).

Agus mengungkapkan, untuk harga eceran yang telah ditetapkan di tingkat pangkalan sebesar 16.000 rupiah per tabungnya. Meski demikian, pihaknya mengakui akan adanya perbedaan harga yang masuk ke tingkat pengecer yang melebihi HET yang telah ditetapkan.

“Untuk HET normalnya 16.000 rupiah, namun ada juga yang menjual lebih tinggi dari ketetapan harga yang sudah diberikan yang bisa tembus hingga 20.000 rupiah per tabungnya. Kesulitan kami dalam menanganinya dilapangan disebabkan oleh adanya rantai pendistribusian di tingkat pengecer yang langsung masuk ke toko toko kelontong sekitar,” katanya.

Oleh sebab itu, pihaknya meminta kepada para pengecer untuk tidak mematok harga diatas HET yang sudah ditetapkan untuk gas elpiji berukuran tiga kilogram bersubsidi. Agar dapat terlaksana dengan baik, pihaknya pun menegaskan akan mengkoordinasikan hal tersebut dengan Hiswana Migas Kota Depok sehingga pengawasan terhadap harga dan pasokan gas elpiji tiga kilogram dapat terus berjalan dengan baik.

“Guna memaksimalkan pengawasan terhadap pendistribusian dan harga gas elpiji tiga kilogram yang beredar di wilayah Depok, kami akan berkoordinasi dengan pihak Hiswana Migas Depok agar hal hal tersebut terus terjaga dan tetap aman,” tandasnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)