Sanggar Tari di Depok Menangkan Festival Tari Internasional di Ceko

Sanggar Tari di Depok Menangkan Festival Tari Internasional di Ceko

HarianDepok.com – Berita , Pergelaran tari tarian yang disuguhkan oleh para penari dari Sanggar Ayodya Pala Depok pada saat perayaan HUT Kota Depok yang ke 17 di lingkungan Balaikota pada April 2016 kemarin, membuat ratusan mata tertuju kepadanya terkagum kagum melihat kesenian tari yang dimainkan diatas panggung.

Menurut koreografer Ayodya Pala, Wahyu Kardinata bahwa banyaknya mata yang tertuju kepada tarian yang dimainkan pada waktu itu disebabkan oleh adanya permainan tari yang luwes dan sesuai dengan iring iringan musik yang dilantunkan. Maka daripada itu, tarian yang dibawakan menjadi menarik.

Dari penuturannya, tarian yang pada waktu itu dimainkan oleh anggotanya khusus dipersembahkan untuk HUT Kota Depok yang berusia 17 Tahun dan diharapkannya bisa menjadi kota yang berkembang dan maju, baik di sektor kesenian dan yang lainnya sehingga bisa menjadi kota yang mandiri ekonomi dan sejahtera.

Sanggar Ayodya Pala Depok yang dipimpinnya saat ini tengah dalam masa perkembangan yang dimana sanggarnya pada Agustus 2016 mendatang sebanyak 25 penari  senior dari sanggarnya akan mengikuti Fesitval Tari Internasional yang akan diadakan di Yunani tepatnya di Pulau Lefkada.

“Acara yang akan digelar nanti itu merupakan Festival Internasional yang akan dihadiri oleh sejumlah negara lainnya termasuk Indonesia. Di acara tersebut, para pesertanya diharuskan membawakan tarian khas negaranya masing masing,” tuturnya di Depok, Senin (09/05/2016).

Ia menjelaskan, nantinya konsep tarian yang akan dibawakannya pada saat Festival nantinya adalah Bhinneka Tunggal Ika yang diartikannya sebagai gabungan sejumlah tarian khas daerah yang ada dari Sabang sampai Merauke. Untuk durasi penampilannya nanti akan disuguhkan secara bergantian dengan tarian yang lainnya setiap tujuh menit. “Sejumlah tarian daerah yang nantinya akan kita bawakan berasal dari Kalimantan, Jawa dan daerah lainnya,”katanya.

Untuk mengikuti Festival Tarian Internasional tersebut pihaknya telah mempersiapkan semuanya sejak tiga bulan yang lalu agar dapat mempersembahkan tarian khas daerah ke masyarakat dengan baik. Dari penuturannya bahwa Festival yang rencananya akan diikuti oleh pihaknya pada Agustus nanti bukanlah Festival yang pertama kalinya, namun sudah yang kesekian kali.

Wahyu juga mengungkapkan bahwa pada tahun lalu  pihaknya telah memenangkan kejuaraan tarian Internasional yang diadakan di Negara Ceko. Oleh sebab itulah pihaknya optimis akan dapat memenangkan kembali lomba tari yang akan diselenggarakan di negara Yunani.

“Kemarin kami memboyong juara satu yang diselenggarakan di negara Ceko, dan untuk tahun ini kami akan berusaha untuk memenangkan kembali kejuaraan tari Internasional di tahun ini,” harapnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)