Alfamart Meluncurkan Toko Retail Online

HarianDepok.com – Bisnis ,  Alfamart selama ini kita mengenalnya sebagai sebuah minimarket yang ada dilingkungan sekitar kita dalam bidang penyedian barang/produk kebutuhan kita sehari-hari. Dalam kurun waktu 5 tahun ini Alfamart benar-benar menjadi sebuah minimarket yang berkembang pesat , dikarenakan kemudahan dalam pembelian *dengan maksud tanpa tawar menawar . Dan perlu kita ketahui jika alfamat kini menjadi salah satu barometer pusat perbelanjaaan (minimarket) terbesar di indonesia .

Dan kali ini alfamart meluncurkan sebuah toko retail online sebagai terbososan baru untuk mendongkrak lebih tinggi dalam bisnis retail , yang awalnya hanya melayani *jual beli secara offline , kini bisa melayani secara online! wow… tentunya ini adalah kabar baik bagi member alfamart offline (baca:pelanggan) . Karena member akan begitu mudahnya melakukan pembelian barang ,singkatnya pelanggan tidak harus keluar rumah untuk berbelanja di alfamart, cukup hanya dirumah saja.

Seperti yang di kutip olah kompas.com “”Ini merupakan salah satu fasilitas layanan kami untuk pelanggan Alfamart yang tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja ke gerai Alfamart. Sejauh ini, Alfamart masih menjadi minimarket pertama di Indonesia yang meluncurkan e-commerce,” kata Bambang Setiawan Djojo, IT Director Alfamart. dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com.

Alfaonline merupakan layanan berbelanja ‘di minimarket Alfamart’ melalui internet dengan alamat www.alfaonline.com. Alfaonline ini hadir untuk memberikan solusi bagi pelanggan setia Alfamart yang tidak memiliki waktu untuk pergi ke gerai Alfamart, tidak ingin mengantri di kasir dan tidak ingin terkena macet di jalan.

Selain memberikan kemudahan berbelanja ‘di minimarket’ via online, Alfaonline juga menawarkan kemudahan dalam pembayaran. Pelanggan Alfaonline dapat memilih alat pembayaran sesuai dengan yang dimilikinya seperti Mandiri Clickpay, BCA Klikpay, e-voucher Alfamart ataupun XL Tunai.

“Dengan cara pembayaran seperti ini membuat pelanggan jauh lebih mudah dan aman. Mereka cukup duduk manis di rumah, barang belanjaan pun akan diantar. Bahkan mereka juga dapat berbelanja untuk sanak saudara yang ada di kampung,” jelas Bambang.

Cara berbelanja di Alfaonline

Calon pelanggan cukup mendaftar melalui website www.alfaonline.com dengan meng-klik kotak ‘REGISTER’ yang ada di pojok kanan atas. Masukkan alamat email, nomor telopon selular dan data-data pendukung lain. Selesai melakukan pendaftaran, buka email yang sebelumnya telah didaftarkan untuk melakukan aktivasi. Klik kotak ‘LOGIN’ yang tersedia.

Pilihlah barang dan jumlah yang akan dipesan. Untuk harga sesuai dengan yang tertera di daftar barang. Selesai memilih, klik ‘SHOPPING CART” untuk melihat daftar belanjaan dan kemudian klik ‘CHECKOUT’ kalau merasa belanjaan Anda sudah cukup.

Minimal pembelanjaan di Alfaonline adalah Rp 50.000,- jika kurang dari jumlah itu, maka secara otomatis transaksi tidak dapat dilanjutkan. Pelanggan pun dapat menambahkan barang belanjaan lain agar memenuhi minimal transaksi.

Langkah selanjutnya adalah mengisi ‘MODEL PENGIRIMAN’ (dapat dikirim atau diambil di gerai Alfamart terdekat), ‘JADWAL PENGIRIMAN’, ‘NAMA PENERIMA’ dan ‘ALAMAT LENGKAP’, klik ‘NEXT dan kemudian ‘PLACE ORDER’. Langkah terakhir adalah menentukan cara pembayaran. Cara pembayarannya dapat melalui Mandiri Clickpay (Bank Mandiri), XL-Tunai, BCA Klikpay (Bank BCA) dan e-voucher Alfamart.

Biaya pengiriman yang akan dibebankan adalah Rp 5.000,-/pengiriman untuk pembelanjaan di bawah Rp 100.000,-. Sedangkan untuk pembelanjaan di atas Rp 100.000,- tidak akan dikenakan biaya pengiriman.

Waktu pengiriman/pengantaran barang ke rumah terbagi dalam 4 termin yakni antara pukul 08.00 – 12.00, 12.00 – 16.00, 16.00 – 19.00 dan 19.00 – 22.00. Sementara bagi pelanggan yang memilih untuk mengambil barang belanjaannya di gerai Alfamart ada 7 pilihan waktu yang dapat dipilih yakni antara pukul 08.00 – 10.00, 10.00 – 12.00, 12.00 – 14.00, 14.00 – 16.00, 16.00 – 18.00, 18.00 – 20.00 dan 20.00 – 22.00.

“Untuk sementara ini, kami baru meng-cover 200 toko yang memiliki coverage area di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi seperti yang ada di website. Ke depan tentu kami akan menambah jumlah toko agar coverage areanya bisa lebih luas,” jelas Bambang.

[adm/hd]

 

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)