Walikota Depok: Sekolah Itu Penting!

Walikota Depok: Sekolah Itu Penting!

HarianDepok.com – Berita , Pendidikan menjadi salah satu hal yang paling di prioritaskan oleh pemerintah Indonesia untuk dapat terus dimaksimalkan dan diberdayakan kepada seluruh Warga Negara Indonesia agar dapat berwawasan luas dan mampu bersaing dengan para pekerja luar negara Indonesia. Hal tersebut sudah berjalan di sejumlah kota besar yang salah satunya adalah DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Ir. Basuki Tjahja Purnama alias Ahok.

Yang membuktikan hal tersebut dengan pemberian Kartu Jakarta Pintar (KJP) ke masyarakatnya agar anak dan buah hati mereka dapat terus bersekolah tanpa harus mngkhawatirkan biayanya. Selain daripada itu, adanya pencabutan penarikan retribusi bulanan di setiap sekolah negeri turut mendongkrak sektor pendidikan kota.

Di kota Depok lain lagi ceritanya, yang dimana Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam menjadikan masyarakatnya yang berpendidikan lebih baik berupaya menanganinya dengan menggunakan sebuah program yang dikenal dengan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk digunakan membantu para pemegang kartu tersebut mendapatkan kebutuhan sekolahnya lebih murah.

Karena terbatasnya dana yang dimiliki, Pemkot Depok pun terus berupaya keras untuk memajukan pendidikannya dengan mensosialisasikan pendidikan paket A, B dan C guna memberikan pendidikan dan ijazah kepada para pesertanya dengan waktu yang lebih singkat ketimbang sekolah formal yang ada. Hal ini bertujuan juga untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat kota Depok.

Walikota Depok, Idris Abdul Shomad mengatakan bahwa dirinya terus berupaya mendorong masyarakatnya untuk terus berupaya memberikan pendidikan kepada anak anaknya semaksimal mungkin hingga mereka mendapatkan ijazah yang kedepannya bisa digunakan untuk memperbaiki masa depan perekonomian keluarga.

Hal tersebut terlontarkan langsung dari mulut pemimpin kota Depok pada saat dirinya menghadiri acara perayaan HUT Depok ke 17 yang digelar pada beberapa waktu lalu di lingkungan Balaikota Depok, Jawa Barat.

“Pemerintah Kota Depok sejak beberapa tahun terakhir ini banyak sekali memberikan bantuan di sektor pendidikan, mulai dari jenjang SD, SMP sampai dengan SMA. Semuanya itu kami terus upayakan agar perekonomian masyarakat Depok semakin meningkat. Bahkan saat ini Pemkot Depok pun telah menyiapkan beasiswa kepada siswa siswi terbaik Depok untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi,” tuturnya.

Idris mengungkapkan, dana yang disalurkan untuk pendidikan di kotanya hingga sampai saat ini diaktualisasikan oleh SKPD terkaitnya tidak hanya kepada siswa dari kalangan rendah saja, namun juga diperuntukkan kepada siswa putus sekolah dan yang lainnya sehingga mereka terus mendapatkan pendidikan yang layak sesuai dengan undang undang yang berlaku.

Idris juga mmenjelaskan berdasarkan tingkat pendidikan, Kota Depok saat ini termasuk sebagai salah satu kota yang memiluki tingkat rata rata cukup baik dimana sebanyak 38,39 % telah memiliki ijazah setara SMA. Meski demikian, Pemkot Depok kedepannya akan terus berupaya meningkatkannya hingga mencapai nilai yang maksimal.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Rate this article!
Tags: