Google Doodle Hari Ini Peringati Hari Lahir Sigmund Freud, Siapakah Dia?

Google Doodle Hari Ini Peringati Hari Lahir Sigmund Freud, Siapakah Dia?

HarianDepok.com – TechNews , Raksasa mesin pencarian Google, pada hari ini, Jumat (60/05/2016), menampilkan doodle pria berkacamata yang terlihat mengapung. Wajahnya menengadah ke atas, sedangkan kepala bagian belakangnya seakan tenggelam tercelup dalam air. Doodle tersebut dipersembahkan untuk Sigmund Freud, seorang psikiatris kawakan asal Austria pada era 1800-an. Tepat pada tanggal ini di tahun 1856, Freud lahir di muka bumi. Ia kemudian meninggal pada 23 September 1939 di usia 83 tahun.

Selama hidupnya, Freud banyak merumuskan teori dan konsep kejiwaan manusia. Salah satunya tentang alam bawah sadar yang diyakini memengaruhi sebagian besar perilaku seseorang. Konsep tersebut berkembang lebih jauh pada era-era selanjutnya, seiring dengan perkembangan ilmu psikologi. Selain itu, Freud percaya bahwa perilaku manusia sangat dipengaruhi hasrat seksualnya. Pengalaman seksual pertama manusia dirasakan ketika bayi, tepatnya saat disusui oleh ibu.

Google Doodle Hari Ini Peringati Hari Lahir Sigmund Freud, Siapakah Dia?

Pengalaman itu berkembang hingga memunculkan perilaku-perilaku lain yang disesuaikan dengan norma masyarakat. Freud menjadi sorotan karena memilih metode pengobatan kontroversial untuk menyembuhkan orang dengan gangguan mental. Mulai dari metode hipnotis, sampai metode analisis mimpi yang dikembangkan dari konsep alam bawah sadar. Terlepas dari itu semua, Freud merupakan tokoh legendaris di bidang psikologi.

Gagasan Freud biasanya dibahas dan dianalisa sebagai karya sastra, filsafat, dan budaya umum. Diskusi panjang terkait pemikirannya pun masih terus dilakukan oleh para akademisi di bidang psikologi dan kedokteran. Beberapa istilahnya yang hingga sekarang digunakan antara lain “ego”, “super ego”, dan “kompleks oedipus”.

Istilah “ego” merujuk pada sikap manusia yang ingin menonjolkan dirinya di tengah masyarakat. Sedangkan “kompleks oedipus” merupkan sebuah sindrom yang mana seorang anak laki-laki mempunyai kecintaan yang begitu kuat terhadap ibunya. Seringkali sang anak cemburu pada ayahnya sendiri. Maka tak heran jika ulang tahun Freud turut dirayakan Google.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: