Universitas Indonesia Depok Dapat Sumbangan Seperangkat Alat Gamelan

Universitas Indonesia Depok Dapat Sumbangan Seperangkat Alat Gamelan

HarianDepok.com – Berita , Program Bakti BCA yang diselenggarakan oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sejak beberapa tahun belakangan ini mendapatkan apresiasi dari Universitas Indonesia (UI) yang mengaku berterima kasih atas adanya sumbangan berupa seperangkat gamelan yang diperuntukkan kepada Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia (FIB UI) di Depok, Jawa Barat.

Acara yang diselenggarakan di Plaza Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI, di Depok pada Jum’at kemarin ini, dihadiri langsung oleh sejumlah pejabat terkait yang diantaranya adalah Wakil Rektor UI Bidang SDM, Pengembangan dan Kerjasama Hamid Chalid, Kepala KCU BCA Margonda Depok, Andreas Andu Sidharta dan Sekretaris PT Bank BCA Tbk, Inge Setiawati yang sekaligus menjadi wakil dari Bank BCA di dalam acara tersebut.

Selain dihadiri oleh para pejabat terkait, acara tersebut dihadiri pula oleh Direktur Kemahasiswaan Universitas Indonesia, Arman Nefi dan Ketua Komunitas Wayang Universitas Indonesia, Dwi Woro Retno Mastuti yang juga menjadi saksi penyeraham sumbangan tersebut yang merupakan salah satu bentuk dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Bakti BCA pilar Solusi Sinergi.

Seperangkat alat gamelan yang diterima langsung oleh Hamid Chalid dari tangan Inge Setiawati secara simbolis pada saat acara tersebut dilangsungkan nantinya akan dipergunakan untuk mendukung aktivitas kesenian tradisional yang dilangsungkan di UI, khususnya seni karawitan wayang dan tari.

“Pihak kami akan terus berkomitmen untuk dapat terus berupaya melestarikan kebudayaan nasional khususnya di bidang kesenian tradisional yang diantaranya adalah wayang yang telah menjadi salah satu budaya milik Indonesia yang sarat memiliki nilai moral. Selain telah menjadi warisan para leluhur, wayang juga merupakan wujud kreativitas bangsa Indonesia yang seharusnya terus diangkat pamornya hingga dikenal oleh negara lainnya,” tuturnya, Minggu (01/05/2016).

Selain ditujukan untuk mendukung Universitas Indonesia dalam mempertahankan warisan leluhur, kegiatan yang diselenggarakan kali ini ditujukan juga untuk memberikan dorongan kepada seluruh masyarakat agar dapat mencintai dan melestarikan budaya budaya Indonesia yang sampai dengan saat ini semakin pudar terkikis oleh waktu.

Dengan adanya upaya upaya tersebut, diharapkannya dapat membawa kesenian tradisional milik tanah air menjadi salah satu favorit dan daya tarik terdendiri baik untuk wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang mengunjungi sejumlah tempat eksotis di Indonesia.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)