Indonesia Berduka, Tokoh Perempuan Tuti Alawiyah Meninggal Dunia

Indonesia Berduka, Tokoh Perempuan Tuti Alawiyah Meninggal Dunia

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Hj Tuti Alawiyah meninggal dunia pada Rabu (04/05/2016) sekitar pukul 07.15 WIB. Kepergian tokoh perempuan tersebut membuat Indonesia berduka. Tuty Alawiyah semasa hidupnya pernah menjabat sebagai anggota MPR dan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan di era Presiden Soeharto dan BJ Habibie. Meninggalnya Hj Tuty Alawiyah ini disampaikan oleh H Dailami Firdaus, salah satu anak almarhumah.

Seperti yang dikutip antaranews.com, H Dailami Firdaus yang merupakan anggota DPD RI mengatakan, “Ibunda kami Hj Tutty Alawiyah AS Rabu pagi ini pukul 07.15 WIB telah dipanggil Allah SWT. Mohon dimaafkan jika ada kesalahan beliau dan mohon doa agar Allah berikan Rahmat dan Jannah-Nya.” Hj Tuty Alawiyah lahir di Jakarta pada 30 Maret 1942.

Semasa hidup, beliau mengabdikan diri kepada negeri, menjadi anggota MPR dalam tiga periode, sejak 1992 hingga 2004. Beliau duduk di kursi MPR sebagai anggota dari Utusan Golongan. Selain itu, Tuty Alawiyah juga pernah menjabat sebagai  Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan. Beliau merasakan posisi menteri tersebut di tengah-tengah pergerakan Indonesia menuju era reformasi. Tuty ditunjuk presiden Soeharto sebagai menteri untuk Kabinet Pembangunan VII pada 1999.

Saat terjadi pergantian kekuasaan kepada Presiden B.J. Habibie, ia kembali mendapatkan jabatan sama di Kabinet Reformasi Pembangunan. Berpulangnya Tuty Alawiyah meninggalkan duka mendalam bagi bangsa Indonesia. Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengungkapkan jika Indonesia kehilangan sosok penting dalam diri Tuty.

Ia mengatakan, “Saya kira kita merasa kehilangan tokoh, figur dari perempuan Indonesia yang berhasil, yang memiliki akar ke bawah dan memiliki aktivitas keormasan yang luar biasa.” Sedangkan Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan, “Saya sangat berduka kehilangan tokoh seorang pejuang wanita tangguh, multitalenta. Saya sangat menghormati, mencintai, dan kagum, bahkan saya iri pada prestasi Bu Tuti.”

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok