Akuisisi INKA, KAI Ingin Jadi Perusahaan Kereta No.1 di ASEAN

Akuisisi INKA, KAI Ingin Jadi Perusahaan Kereta No.1 di ASEAN

HarianDepok.com – Bisnis , Tak lama lagi, PT Kereta Api Indonesia (Persero) bakal mengambil alih PT Industri Kereta Api / INKA (Persero)?. Rencana pengambil alihan tersebut sudah tertuang dalam rencana strategis Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).  Langkah akuisisi ini dilakukan untuk mendukung efisiensi dan peningkatan daya saing industri perkeretaapian Indonesia. Menurut Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengungkapkan, dalam beberapa diskusi yang pernah ia hadiri dengan Kementerian BUMN, memang KAI sangat mendukung rencana akuisisi tersebut.?

Dengan diambil alihnya INKA oleh KAI, Edi mempunyai cita-cita untuk menjadikan KAI sebagai perusahaan perkeretaapian nomer satu di ASEAN. Peluang ini sangat memungkinkan mengingat hanya Indonesia adalah satu-satunya negara di ASEAN yang mampu memproduksi kereta?. Negara-negara ASEAN seperti Vietnam dan Myanmar menjadi negara yang mempunyai peluang yang cukup bagus untuk melebarkan sayap KAI jika nantinya INKA benar-benar diamanahkan di bawah KAI.

“Saya ingin langsung di booster waja sehingga bisa jadi nomor wahid, kita bisa buat pabrik sendiri.? Kalau saya pribadi, saya akan lari ke pasar Asean di samping domestik di mana kebutuhan kereta di serahkan ke INKA,” ungkap Edi. Walau demikian, dirinya masih menyerahkan rencana tersebut kepada pemegang saham dalam hal ini Menteri BUMN Rini Soemarno. Selagi hal itu untuk memajukan industri perkeretaapian Indonesia, Edi pun mengaku siap mendukungnya.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: